Salah satu kolam renang di resort Bali - IG @ayodyabali
Salah satu kolam renang di resort Bali - IG @ayodyabali

MALANGTODAY.NET – Handphone sudah menjadi barang yang sulit dijauhkan dari kehidupan kita. Setiap saat, rasa kecanduan hp selalu muncul meskipun tidak ada notifikasi berarti di dalamnya.

Mengatasi kecanduan tersebut, salah satu resort di Bali melarang pengunjungnya untuk menggunakan hp di kolam renang. Resort yang memberlakukan aturan tersebut Ayana Resort & Spa di Jimbaran, Bali. Sejak pertengahan November lalu, mereka mengampanyekan liburan tanpa gawai.

BACA JUGA: Lama Tak Ada Kabar, Cici Panda Lahirkan Putri Kedua di Bali

Aturan ini berlaku ketika pengunjung memasuki area kolam renang. Pengunjung wajib meletakkan seluruh gawainya di loker yang tersedia. Untuk menghindari kebosanan, pihak resort menyediakan permainan klasik seperti kartu, sudoku, dan catur.

Tujuan dari kampanye ini untuk menghargai kualitas komunikasi sesama manusia. Dimana sekarang komunikasi lisan sudah banyak tergantikan dengan komunikasi melalui gawai.

“Fokus kami adalah untuk menjaga siapa kita, dengan menghargai koneksi antar manusia dan waktu berkualitas untuk diri sendiri,” kata juru bicara Ayana Resort & Spa Bali dilansir dari Kompas.com (19/11/2018).

Meskipun begitu, pihak resort tetap memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengabadikan momen pada pukul 07.00-09.00 dan 17.00-19.00 WITA. Sebab, hal tersebut bertepatan dengan momen sunrise dan sunset.

Diketahui, kampanye beraktivitas tanpa gawai ini sudah marak di café-café Indonesia. Bahkan di Amerika Serikat kampanye ini sudah merambah hotel dengan iming-iming fasilitas VIP gratis!

BACA JUGA: Sukses di AS, Film Bali: Beats of Paradise Dilirik Walt Disney

Dilansir dari CNNIndonesia.com (16/11/2018), sebuah jaringan hotel di Amerika Serikat, Wyndham Grand menawarkan fasilitas dan layanan VIP secara cuma-cuma dengan syarat pengunjung tidak menggunakan barang elektronik yang terhubung internet selama menginap.

Kampanye ini diterapkan karena menurut data, ada sebanyak 87% tamu hotel sibuk dengan gawainya bahkan saat di kolam renang. Dalam sehari selama liburan, orang bisa mengecek hp-nya hingga 12 menit lamanya. Durasi ini sama dengan durasi mengecek hp saat sedang bekerja. Harapan dari kampanye ini yaitu pengunjung dapat lebih menikmati waktu liburannya.

Baca Juga  DPRD Minta Pemprov Bali Lakukan Investasi Kelautan

Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...