PLTU Celukan Bawang (ist)
PLTU Celukan Bawang (ist)

MALANGTODAY.NET – Seminggu terakhir daerah Bali mengalami pemadaman bergilir. Salah satu daerah terdampak dari pemadaman bergilir ini yaitu Desa Sayan, Ubud, Gianyar. Di daerah ini, frekuensi listrik padam sebanyak dua kali dengan durasi mencapai lebih dari satu jam.

Pihak PLN Gianyar pun membenarkan adanya pemadaman bergilir ini. PLN menyatakan akan ada pemadaman bergilir secara rutin di seluruh Bali. Pemadaman ini dilakukan sebagai bentuk penguatan sistem kelistrikan di Bali menjelang 2019.

Baca Juga  Jokowi Serahkan Bantuan Pengungsi Gunung Agung Senilai Rp 7,2 Miliar

“Sehubungan dengan defisit daya akibat kendala teknis pembangkit, maka untuk sementara digilir beberapa daerah untuk padam satu jam” ujar Manajer Rayon PLN Gianyar, Anggoro Gandajati dilansir dari Tribunbali.com (8/12/2018).

Selain itu, pemadaman ini juga dilakukan akibat ada pemeliharaan mesin pembangkit di PLTU Celukan Bawang. Rencananya, pemeliharaan ini akan selesai pada 4 Januari 2019 mendatang.

Masyarakat dihimbau bisa bekerja sama dengan PLN. Caranya dengan mengurangi pemakaian listrik hingga 10%. Pengurangan penggunaan listrik ini dianjurkan dilakukan pada jam beban puncak yaitu pukul 18.00-22.00 WITA.

“Kami mohon kerjasama seluruh masyarakat untuk mengurangi pemakaian listrik 10 persen hingga 20 persen, terutama pada jam beban puncak, pukul 18.00 sampai 22.00 WITA,” ungkapnya.

Baca Juga  Ternyata Nama-nama Orang Bali Ini Diilhami dari Fenomena Alam Loh

Dengan penghematan ini, harapannya frekuensi seringnya pemadaman bisa berkurang. Juga, wilayah terdampak pemadaman bergilir tidak meluas.

“Upaya penghematan ini akan sangat membantu sehingga jumlah dan lama pemadaman akan turun, bahkan diharapkan tidak terjadi lagi. Upaya kecil ini jika dilakukan secara bersama akan memberikan dampak yang besar.” tambah Humas PLN Rayon Singaraja, Eka Tirtayana.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.