Peringatan Wafat Isa Al Masih (3 April 2019 – 7 April 2019)
Pantai Bali tak pernah kehabisan pesona, kok @Real Gap Experience

MALANGTODAY.NET – Pemprov Bali melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bali menyatakan penolakannya atas usul calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno untuk menjadikan Bali sebagai wisata halal.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Yuniartha, Bali sudah lekat dengan image wisata budaya. Mengenai usul mengubah Bali menjadi wisata halal adalah sesuatu hal yang tidak mungkin terjadi.

Salah satunya karena konsep wisata ini sudah tertuang dalam Perda Provinsi Bali Nomor 2 Tahun 2012 tentang Kepariwisataan Budaya Bali.

“Ya nggak mungkinlah, kita sudah mengiklankan sebagai pariwisata budaya sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2012,” ujar Anak Agung Yuniartha dilansir dari Detik.com (26/2/2019).

Yuniartha mengatakan, kalau image wisata Bali diubah, maka wisatawan juga banyak yang meninggalkan pulau para Dewa ini. Ia menegaskan, meskipun pulau Dewata tidak memiliki konsep wisata halal, pihaknya tetap menjamin kemudahan akses salah satu hal yang dipersyaratkan dalam Islam di Bali. Beberapa diantaranya kemudahan mencari makanan dan hotel halal.

“Perda 2/20 tentang pariwisata budaya itu sangat kuat dan nggak mungkin berubah. Image kita orang ke Bali untuk wisata budaya, kalau budaya kita hilang pergi juga itu turis, jadi nggak ada pariwisata halal itu,” tegas Yuniartha.

Menurut Yuniartha, masing-masing daerah sudah memiliki konsep wisatanya sendiri-sendiri. Jika setiap tempat diusulkan sebagai wisata yang sesuai ajaran Islam, maka akan muncul persaingan tidak sehat.

Ditambah lagi, pulau tetangga Bali yaitu Lombok kini sedang gencar mempromosikan wisata yang identik dengan syariah Islam ini.

“Tetangga saya wisata halal, Lombok, kita tidak mungkin bersaing seperti itu, nggak sehat banget. Indonesia itu ada 17 ribu pulau biarkan berkembang budaya dengan masing-masing, itu (wisata halal) sesuatu hal yang mustahil,” tandasnya. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.