Menpar Arief Yahya saat memberikan penjelasan terkait pengembangan wisata (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Selain Pemprov Bali, penolakan terhadap usulan calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno berupa konsep wisata halal di Bali datang dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Menurut Arief, konsep itu tidak perlu diterapkan di Bali. Sebab, Bali sudah memiliki image sendiri yang khas dibandingkan daerah lainnya.

Bali yang didominasi oleh umat Hindu juga menjunjung tinggi nilai-nilai agama Hindu seperti Tri Hita Karana. Tri Hita Karana adalah falsafah hidup penyebab kebahagiaan yang terdiri dari hubungan manusia dengan alam, manusia dengan lingkungan, dan sesama amnusia.

“Saya rasa positioning Bali sebagai pariwisata budaya berbasis Tri Hita Karana itu sudah sangat kuat. Kalau sudah kuat seperti itu saya rasa tidak perlu lagi (wisata halal),” ujar Arief dilansir dari Detik.com (27/2/2019).

Arief menambahkan, konsep Tri Hita Karana yang sudah melekat tersebut harusnya dipertahankan. Harapannya nanti konsep ini bisa semakin menguatkan identitas Bali.

“Jadi budaya dengan Tri Hita Karana Itu yang harus kita pertahankan. Itulah yang harus kita kembangkan terus menerus,” ucap mantan Direktur Utama Telkom Indonesia ini.

Meskipun tidak berlabel wisata halal, Bali sudah mampu meraih sederet penghargaan-perhargaan bergengsi bidang pariwisata di tingkat internasional. Hal ini menjadi bukti bahwa pariwisata yang maju tidak harus berkonsep halal tapi memiliki khasnya sendiri.

“Kalau mau berdebat, itu sudah terbukti menempatkan Bali sebagai destinasi utama kelas dunia, mendapatkan banyak penghargaan,” terang pria kelahiran Banyuwangi ini.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Yuniartha image wisata Bali tidak akan berubah. Sebab, konsep wisata budaya Bali sudah tertuang dalam Perda Provinsi Bali Nomor 2 Tahun 2012 tentang Kepariwisataan Budaya Bali. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.