Presiden Jokowi dan Makna Nyepi Tahun Ini
Ilustrasi Perayaan Nyepi @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Bali kembali akan memutus koneksi internet secara total pada Kamis (7/3/2019) mendatang. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut umat Hindu Bali merayakan Hari Nyepi.

Pelaksanaan Nyepi identik dengan catur brata penyepian (empat pantangan bagi umat Hindu Bali saat Nyepi). Empat pantangan tersebut yakni amati geni (dilarang menyalakan api), amati karya (dilarang bekerja), amati lelanguan (dilarang bersenang-senang), dan amati lelungaan (dilarang bepergian).

Untuk menambah kekhusyukan beribadah, majelis agama di Bali sepakat untuk memutus koneksi internet selama 24 jam penuh. Keputusan ini juga sudah disetujui oleh Pemprov Bali, Kementerian Agama, KPID Bali pada pertemuan yang dilakukan pada Kamis (7/2/2019) lalu.

“Tujuan penghentian internet itu sama dengan tahun lalu supaya umat Hindu dapat khusyuk melaksanakan hari Nyepi dan menjaga supaya tidak ada provokasi, tidak ada bahasa-bahasa (medsos) yang tidak baik ketika Nyepi,” ujar Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana dilansir dari Detik.com (20/2/2019).

Tujuan lain dari pemutusan koneksi internet ini yaitu untuk menghindari “cacat” Nyepi. Apalagi Nyepi tahun ini berada dalam masa-masa kampanye Pemilu 2019.

“Dengan tidak ada internet tahun lalu, hampir tidak ada ‘cacat’ Nyepi. Mudah-mudahan dengan usulan internet mati, Nyepi menjadi lebih baik serta umat yang ada di Bali menjadi lebih tenang dan tentram apalagi berdekatan dengan pelaksanaan Pemilu 2019,” terang Sudiana.

Meskipun demikian, ternyata masih ada pengecualian pemutusan koneksi internet. Sudiana melanjutkan, koneksi internet tidak diputus untuk fasilitas publik seperti pemerintah, rumah sakit, dan bandara. Terkait hal ini, pihak Majelis Agama Bali mengaku sudah berkoordinasi dengan piahk-pihak terkait.

“Kami sangat berterima kasih kepada Presiden, Menteri Komunikasi dan Informasi juga provider-provider yang ikut ‘ber-yad-nya’ membuat situasi Nyepi menjadi jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu,” tandasnya. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.