Lima Peristiwa Indonesia yang Menarik Perhatian di Tahun 2017
Salah satu letusan Gunung Agung @ Liputan6

MALANGTODAY.NET Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Agung, Bali kembali erupsi pada hari Minggu (30/12/2018) pukul 04.09 WITA. Alhasil, sejumlah desa di Karangasem hingga Kota Amplapura terdampak hujan abu vulkanik.

“Wilayah Kota Amlapura terpapar hujan abu sedang,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem Ida Bagus Arimbawa dilansir Kompas.

Pihak BPBD pun melakukan Koordinasi dengen sejumlah kepala desa di wilayah utara gunung. Hasilnya, tidak terlihat adanya abu dan asap yang keluar.

“Hasil koordinasi dengan Kepala Desa Dukuh Gunung Agung tidak terpantau ada asap keluar dan hujan abu,” kata Arimbawa.

Masing-masing wilayah mengalami dampak yang berebda-beda. Mulai dari ringan hingga sedang. Berikut data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, wilayah yang terkena abu vulkanik adalah:

  • Banjar Dinas Uma Anyar Ababi bagian barat terdampak hujan abu ringan
  • Wilayah Kota Amlapura terpapar hujan abu sedang
  • Desa Seraya Barat terdampak hujan abu ringan
  • Desa Seraya Tengah terdampak hujan abu ringan
  • Banjar Dinas Ujung Pesisi terdampak hujan abu ringan
  • Lingkungan Pesagi dan Lingkungan Pebukit terdampak hujan abu ringan
  • Desa Tenggalinggah terdampak hujan abu ringan

Sebelumnya, PVMBG mengimbau warga di sekitar Gunung Agung hanya boleh beraktivitas dalam radius 4 Kilometer dari kawah puncak. Wisatawan yang datang juga diharapkan tidak melakukan pendakian.

Zona perkiraan bahaya ini pun bersifat dinamis, dapat terus dievaluasi dan dapat berubah suatu waktu mengikuti perkembangan data pengamatan terbaru. Namun menurut Kepala PVMBG Kasbani, status Gunung Agung kini masih berstatus sama.

“Gunung Agung masih tetap level III, jangkauannya masih 4 Kilometer dari pusat, dan tadi pagi kan ada erupsi tapi ketinggian kita tidak tahu karena tertutup kabut,” kata Kasbani dilansir Tempo, Minggu (30/12/2018).

Waspada potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan juga diperingati oleh PVMG pada warga yang sedang berada di sekitar Gunung Agung. Sebab, area landaan aliran lahar hujan, akan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.