Bypass Nusa Dua Bali
Bypass Nusa Dua Bali @ Pinterest

MALANGTODAY.NET Demi kelancaran jelang IMF-World Bank Annual Meeting 2018 pada 8 Oktober mendatang, Polda Bali akan memberlakukan sistem ganjil-genap. Pemberlakuan sistem ganjil-genap ini bakal dilakukan pada 7-16 Oktober mendatang di kawasan Nusa Dua, Bali.

“Jadi keputusan kita rapat bersama pak menteri perhubungan dan Dishub Provinsi kita akan laksanakan ganjil genap mulai tanggal 7- 16 Oktober 2018. Jadi untuk pengoperasionalan jamnya 06.00- 09.00 Wita dan 15.00- 19.00 Wita jadi ada jeda,” kata Dirlantas Polda Bali Kombes Anak Agung Sudana, Selasa (25/9/2018).

Baca Juga: Setelah Ingin Stop Kompetisi, Pentolan Bonek juga Setuju Klub Bubar!

Sudana menambahkan pemberlakuan ganjil genap itu bakal diberlakukan untuk kendaraan pribadi dan kendaraan yang pengangkut muatan alias alat berat. Dia juga mengatakan jika pihaknya telah mengirimkan surat permohonan.

Surut tersebut ditujukan baik itu ke Dinas Pendidikan Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Badung agar meliburkan mahasiswa di area tersebut untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Baca Juga: Pernah Bersahabat! Ternyata Ini Awal Seteru Viking dan The Jakmania

“Dengan solusi meliburkan sekolah di tanggal 12 (Oktober) kan artinya sudah mengurangi beban. Pasti karena di daerah selatan itu ada Kampus Udayana, ada Politeknik, ada Kedokterannya, Kedokteran Kehewanan, Fakultas Hukum otomatis mengurangi beban, itu di jalur yang menuju ke GWK (Garuda Wisnu Kencana),” terangnya.

Baca Juga: Kenapa Orang Bali Bernama Made, Wayan, Ketut? Ini Alasannya

Sudana menambahkan kendaraan yang dikecualikan ganjil-genap yakni kendaraan dinas, ambulans, mobil derek, angkutan umum pelat kuning, angkutan sewa khusus berstiker, dan kendaraan delegasi berstiker. Tidak hanya itu, selama pemberlakuan ganjil-genap tersebut kendaraan roda dua atau motor juga masih diperbolehkan melintas.

Berikut ruas ganjil-genap dan pembatasan operasional mobil barang tersebut:
– Jl By pass Ngurah Rai (Simpang Pesanggrahan-Nusa Dua)
– Jl Raya Uluwatu (Simpang Kali-Uluwatu)
– Jl Kampus UNUD (Simpang Kampus-Politeknik)
– Jl Uluwatu II (Simpang Bali-Simpang Kampus UNUD Ngurah Rai)
– Jl Siligita (Simpang PDAM-Simpang By pass Ngurah Rai)

Didesak mengenai solusi untuk mereka yang memiliki kepentingan pribadi pada jam-jam tersebut masuk ke Nusa Dua, pihaknya juga menyediakan transportasi bus Trans Sarbagita. Ada dua titik halte yang disiapkan yakni jalan menuju ke Pulau Serangan dan di Sentral Parkir Kuta.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...