Sambal nusantara - @Berry kitchen
Sambal nusantara - @Berry kitchen

MALANGTODAY.NET – Ragam cita rasa makanan semakin lengkap dengan adanya rasa pedas. Rasa pedas ini biasanya didapat dari sambal. Sambal-sambal nusantara memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya di Bali, ada empat sambal khas yang memiliki cita rasa berbeda. Berikut ulasannya dilansir dari Balihacks.com.

1.Sambal Matah

Sambal Matah - @Resep Koki
Sambal Matah – @Resep Koki

BACA JUGA: Resort di Bali Ini Dukung Kampanye Liburan Tanpa Gawai

Sambal matah ini menjadi satu-satunya sambal khas Bali yang terkenal seantero nusantara. Sambal ini juga sudah menajadi varian produk makanan-makanan instan di Indonesia.

Sambal matah merupakan sambal yang komposisinya diolah secara mentah. Komposisinya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk, jeruk, terasi bakar, minyak kelapa, dan garam.

Sambal matah ini memiliki beberapa macam antara lain sambal matah polos, sambal matah batang kecombrang, dan sambal matah serai.

2.Sambal Nyuh

Sambal Nyuh - @Puri Widyadari
Sambal Nyuh – @Puri Widyadari

Kedua, ada sambal nyuh. Nyuh merupakan Bahasa Bali yang artinya kelapa tua bakar yang diparut. Komposisi sambal ini yaitu bawang putih, cabai, gula, garam, terasi, dan kelapa parut bakar.

Umumnya, sambal ini digunakan untuk melengkapi serombotan. ZensTODAY sudah kenal kan dengan serombotan? Ya, serombotan adalah pecel ala Bali. Ada sayuran rebus seperti kacang panjang dan tauge dengan siraman kuah kacang.

3.Sambal Tingkih

Sambal kemiri - @Sajian Sedap
Sambal kemiri – @Sajian Sedap

Tingkih dalam Bahasa Bali artinya kemiri. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini yaitu kemiri, bawang merah, dan bawang putih. Sebelum dihaluskan, kemiri ditumis terlebih dahulu. Kemiri inilah yang memunculkan rasa pedas dan gurih yang khas. Untuk menambah tingkat kepedasan, bisa dengan menambahkan kemiri.

4.Sambal Mbe

Sambal Mbe - istimewa
Sambal Mbe – istimewa

BACA JUGA: 5 Artis Internasional Ini Pilih Gelar Pernikahan di Bali

Dalam Bahasa Bali, Mbe artinya bawang goreng. Sambal ini terbuat dari campuran bawang merah dan bawang putih iris, cabai rawit iris, terasi bakar, dan perasan jeruk nipis.

Cara membuatnya  yaitu irisan bawang merah digoreng setengah matang kemudian ditambah bawang putih dan cabai. Goreng hingga matang dan masukkan garam serta terasi. Kemudian sajikan dengan perasaan jeruk nipis. Biasanya sambal ini digunakan sebagai pelengkap lawar, jukut urab, jukut olah, jukut nagke, dan sate be pasih.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...