Ini 4 Syarat Utama yang Harus Dimiliki Sebelum Mendaftar di Rekrutmen Pertamina
Pertamina membuka peluang berkarir @ Energy World

MALANGTODAY.NET – Kabar gembira bagi para job seeker. Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina sedang membuka lowongan pekerjaan besar-besaran dan membutuhkan begitu banyak tenaga kerja baru.

Tenaga kerja baru yang dibutuhkan oleh Pertamina terbuka untuk berbagai kategori. Baik fresh graduate, experience professional, hingga kesempatan magang disediakan oleh badan usaha negara yang mengurusi soal perminyakan Indonesia tersebut.

Tak tanggung-tanggung, untuk kategori experience, Pertamina menyediakan tak kurang dari 16 posisi pekerjaan. Seluruh posisi tersebut disediakan untuk calon pelamar yang menekuni berbagai bidang, mulai teknis hingga non teknis.

Baca Juga: Seperti Kiamat Kecil, Ini 5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia

Sedangkan untuk kategori fresh graduates, Pertamina menyediakan lowongan melalui program rekrutmen Bimbingan Profesi Sarjana (BPS). Untuk lowongan yang ini sendiri Pertamina menganjurkan calon pelamar yang memiliki kualifikasi dan konsentrasi bidang teknik dan beberapa lainnya.

Nah bagi yang berharap bisa bergabung dengan perusahaan BUMN ini, intip dulu yuk syarat wajib yang harus dimiliki sebelum mendaftar.

  1. Login di Website resmi Pertamina

Bagi para calon pelamar bisa membuka situs resminya di www.pertamina.com atau recruitment.pertamina.com. Setelah mengunjungi situs tersebut, para calon pelamar diwajibkan untuk terlebih dahulu memiliki akun website Pertamina.

Cara mendaftarnya gampang kok. Para calon pelamar hanya membutuhkan sebuah akun surel pribadi dan menyiapkan nomor ktp untuk dimasukkan.

Baca Juga: Inilah 5 Zodiak Paling Siap Menikah

Setelah berhasil login, para calon pelamar akan disuguhkan formulir online untuk mengisi data diri dan curriculum vitae masing-masing kompetensi calon pelamar. Setelah semua data dan posisi yang diinginkan sudah benar, pelamar tinggal melakukan submit untuk kemudian menunggu balasan dari Pertamina di situs tersebut atau di email masing-masing.

  1. Bersedia ditempatkan di manapun

Sebelum submit lamaran, ada baiknya para calon pelamar mempertimbangkan bahwa bagi yang diterima akan disebar di berbagai lokasi jangkauan operasional Pertamina di Indonesia.

Mantapkan hati dan yakinkan perasaan sebelum calon pelamar benar-benar ingin bergabung dengan raksasa BUMN yang satu ini.

  1. Pelamar Fresh Graduates

Khusus bagi para pelamar dengan status fresh graduate harus berusia di bawah 27 tahun per 31 Desember 2018. Selain itu, para calon pelamar berstatus fresh graduates harus sudah memiliki ijazah minimal tingkat Sarjana S1.

Baca Juga: Lihat dari Sisi Berbeda, Inilah 5 Prestasi Prabowo Subiyanto

Lulusan yang dibutuhkan Pertamina untuk kategori ini adalah para lulusan dari jurusan Hukum, Komunikasi, Kesehatan Masyarakat, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Listrik, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan.

Para lulusan S1 yang hendak melamar juga wajib memiliki IPK minimal 3.00 dan berasal dari jurusan yang memiliki akreditasi minimal B.

Baca Juga: Wow! 4 Klub Indonesia Masuk Buku Sejarah 1000 Klub Dunia, Ada Arema?

Bagi pelamar yang diterima dari kategori ini akan terlebih dahulu melalui program rekrutmen Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) dan akan ditempatkan diseluruh wilayah operasi PT Pertamina (Persero).

  1. Gerak cepat

Pertamina menginginkan penjaringan dan seleksi pegawai baru yang ketat. Maka dari itu, Pertamina hanya membatasi waktu para calon pelamar untuk mendaftarkan diri dan melengkapi seluruh data yang dibutuhkan hanya sampai di tanggal 18 Agustus 2018.

Ayo, tunggu apalagi! Apabila memiliki kompetensi dan kualifikasi yang dibutuhkan, segera daftarkan diri kamu sebelum kehabisan!


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika