Ikuti 5 Tips Sehat Ini Agar Pesta Daging Kambing Tak Berakhir Petaka
Sate kambing, hidangan favorit saat Hari Raya Idul Adha @ Netral News

MALANGTODAY.NET – Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa setiap kali Hari Raya Idul Adha berarti juga sebagai hari perayaan dan berpesta daging kambing. Menyantap hidangan tahunan ini sudah menjadi kebiasaan dari generasi ke generasi.

Sate dan gulai adalah menu makanan olahan daging kambing yang paling populer dan umum dikenal masyarakat. Selain khas Indonesia, kedua jenis masakan ini juga memiliki rasa yang sungguh-sungguh nikmat.

Sayang bagi beberapa orang, hidangan olahan kambing adalah momok yang dihindari. Faktor kesehatan menjadi alasan utamanya. Padahal, asal bisa menakar porsi dan memperhatikan tips-tips tetap sehat dan aman mengonsumsi kambing, semua akan baik-baik saja.

Baca Juga: Gak Kayak Via Vallen, 5 Band Ini Bikin Malu Pemilik Acara Karena Tolak Lip Sync

Nih simak tips tetap aman dan sehat ketika mengonsumsi masakan berbahan daging kambing saat Idul Adha. Khususnya buat bapak-bapak yang suka bandel wajib disimak, ya!

  1. Makanan Penetralisir

Kambing memang banyak dikenal dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol. Sebenarnya hal ini tak salah juga. Namun dengan mengonsumsi makanan penetralisir yang cukup, hal-hal yang dikhawatirkan itu dapat dicegah.

Makanan penetralisir ini adalah beberapa macam sayuran dan buah-buahan. Beberapa jenis sayuran seperti kubis, tomat, mentimu, wortel, dan kemangi efektif sebagai pilihan terbaik menetralisir kandungan gizi berlebih yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Cara Memasak

Sebenarnya, kandungan buruk yang ada di kambing bukan terletak pada dagingnya; melainkan pada lemaknya. Apabila kita dapat menghindari konsumsi lemak kambing yang berlebihan, niscaya tubuh kita akan tetap stabil dan terhindar dari hipertensi.

Baca Juga: Uniknya Lagu Dangdut, Merek Motor Bisa Jadi Lirik Lagu. Gokil!

Penggunaan minyak berlebih juga santan ternyata meningkatkan konsentrasi kandungan buruk di kambing. Inilah yang lebih sering menimbulkan masalah pada tubuh pasca menikmati hidangan kambing.

  1. Pusing Setelah Mengonsumsi Kambing?

Apabila setelah makan hidangan kambing kepala terasa pusing, jangan dulu panik dan heboh. Cukup buat teh hangat satu jam setelah Anda mengonsumsi kambing maka pusing itu akan berangsur-angsur hilang.

Teh hangat dapat membantu melarutkan kandungan zat besi yang dikandung kambing.

Baca Juga: Jepang di Asian Games: Mulai Prostitusi Hingga Punguti Puntung Rokok

  1. Konsumsi Bawang Putih

Memang sejatinya informasi mengenai daging kambing yang bisa memicu kolesterol masih simpang siur kebenarannya. Namun, bagi Anda yang berpikiran mencegah lebih baik daripada mengobati, maka Anda dapat melakukan tindakan pencegahan dengan mengonsumsi bawang putih.

  1. Olahraga Secara Teratur

Persiapan tak hanya dibutuhkan pada ajang perayaan olahraga Asian Games saja. Menyambut perayaan hari raya kurban, pengondisian tubuh yang prima juga dibutuhkan untuk mampu menandaskan segala macam bentuk hidangan olahan kambing yang disajikan.

Baca Juga: Servis Maut Hingga Aksi Tengil, Kevin Sanjaya Hobi Bikin Lawan Ngambek

Olahraga ringan seperti jogging di pagi hari menurut para ahli menstabilkan dan membentuk kondisi tubuhku kita prima ketika mengonsumsi makanan ‘jahat’ dalam bentuk apapun.

Jadi jangan takut lagi untuk mengonsumsi olahan kambing saat hari raya kurban. Asalkan masih dalam porsi yang tetap, makan sate atau gulai itu tidak berbahaya kok.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika