Tertipu Saat Belanja Online? Tenang, Laporkan Pada 3 Situs Ini
Ilustrasi penipuan belanja online @ Nextren

MALANGTODAY.NET – Kemajuan teknologi dan internet membuat fasilitas belanja online semakn banyak digunakan. Namun memang, tak bisa dipungkiri bahwa resiko penibuan berbelanja online memang lebih besar daripada belanja secara langsung.

Mungkin di antara Zens di sini ada yang pernah merasa tertipu saat belanja online. Kasus mulai dari sudah transfer sejumlah uang pembayaran namun ternyata barang tak pernah dikirim. Atau ketika barang yang dibeli sampai di rumah namun tak sesuai dengan pesanan yang diharapkan.

Seringnya jika keadaan tersebut sudah terjadi, pembeli barang online bingung sendiri akan mengadukan hal tersebut ke siapa.

Baca Juga: Fix, Kamu Tua Kalau Masih Ingat Penampakan Hantu di 4 Iklan Televisi Ini!

Melacak penjual yang menipu sudah sulit. Mau lapor polisi pun pasti urusannya ribet. Hal paling masuk akal untuk dilakukan cuma satu, yaitu ikhlas.

Tapi sekarang jangan khawatir lagi. Karena ada tiga situs yang bisa kamu manfaatkan saat merasa mengalami penipuan saat berbelanja online.

Ini dia ketiga situs tersebut.

Credible.co.id

Credible.co.id merupakan situs yang menyediakan layanan identifikasi sebuah toko online. Dari toko ini kita tahu apakah sebuah toko online itu kredibel atau tidak. Baiknya sebelum melakukan pemesanan kamu cek dulu tokonya di situs ini.

Baca Juga: Keterkaitan Ustad Abdul Somad dengan HTI, GP Ansor Klaim Punya Bukti

Lapor.go.id

Situs ini adalah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas.

Lapor.go.id dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia.

CekRekening.id

Dikembangkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, situs ini berfungsi sebagai database rekening bank yang terduga menunjukkan kejahatan.

Baca Juga: Buset, Diminta Kembalikan Sebanyak 3.226 Aset Negara, Roy Suryo Bungkam

Ketika belanja online, ada baiknya kamu cek dulu rekening tujuan penjual di situs CekRekening.id sebelum kamu melakukan transfer pembayaran.

Meskipun telah ada layanan online untuk menangani masalah penipuan di perdagangan digital, tapi ada baiknya kamu tetap berhati-hati dalam setiap transaksi belanja online ya, Zens!


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...