Tak Hanya Timor Leste, 5 Negara Ini Juga Lahir Berkat Memisahkan Diri
Timor Leste merdeka dari Indonesia @ Media Indonesia

MALANGTODAY.NET – Hari ini, Jumat (19/10/2018), merupakan hari peringatan berpisahnya Timor Timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menggunakan nama Timor Leste setelah berdiri sebagai negara baru, mantan provinsi ke-27 Indonesia tersebut berpisah 24 tahun setelah kemerdekaan.

Tak hanya Timor Leste saja, beberapa negara lainnya di dunia ini juga memisahkan diri dari negara asalnya untuk mendirikan negara baru. Dengan berbagai alasan, ini dia beberapa negara tersebut.

Singapura
Tak Hanya Timor Leste, 5 Negara Ini Juga Lahir Berkat Memisahkan Diri
Singapura memisahkan diri dari Malaysia @ Straitstimes

Singapura dikenal sebagai yang mungil karena luas geografisnya. Bahkan, luas negara Singapura tak lebih besar dari Kota Surabaya.

Baca Juga: ‘Aset’ Bergetar Tersikut, Ini Dia Sosok Gadis Ring MMA Itu

Pada 16 September 1963, Inggris menyetujui untuk menyerahkan Singapura, Sabah, dan Serawak untuk bergabung dengan Persekutuan Tanah Melayu agar Federasi Malaysia dapat terbentuk. Akhirnya Singapura keluar dari Federasi Malaysia untuk membentuk negara sendiri.

Pada tanggal 7 Agustus 1965, Perdana Menteri Maysia Pertama Tunku Abdul Rahman Putra membuang Singapura lepas dari Malaysia.

Sudan
Tak Hanya Timor Leste, 5 Negara Ini Juga Lahir Berkat Memisahkan Diri
Perlawanan Sudan Selatan @ RMOL

Negara Sudan dahulu kala merupakan daerah jajahan Britania Raya. Di tahun 1965, negara tersebut berhasil memproklamirkan kemerdekaannya dan menjadi Republik Sudan.

Namun meskipun lepas dari penjajahan, Republik Sudan malah harus menghadapi Perang Saudara Sudan yang membagi wilayah otonomi Sudan. Perang Saudara Sudan tak kunjung usai hingga terjadi dalam beberapa babak.

Akhirnya, pada tanggal 9 Juli 2011, otonomi selatan dikembalikan ketika Pemerintah Otonomi Sudan Selatan dibentuk. Sudan Selatan pun berdiri sebagai negara sendiri sejak saat itu.

Baca Juga: Jadi Ateis, 7 Tokoh Ini Ternyata Tidak Percaya Agama & Tuhan. Gimana Komentarmu?

Belgia
Tak Hanya Timor Leste, 5 Negara Ini Juga Lahir Berkat Memisahkan Diri
Perbatasan unik antara Belgia dan Belanda @ Akurat

Belgia dan Belanda dahulu kala merupakan satu negara. Namun pada tanggal 4 Oktober 1830, Belgia memproklamasikan kemerdekaan dan memutuskan untuk berpisah dari Belgia.

Perpisahan antara keduanya diawalai oleh konflik antara rakyat Katolik Belgia dan rakyat Protestan Belanda. Campur tangan negara-negara adidaya pada saat itu seperti Inggris dan Prancis turut menginisiasi perpisahan keduanya.

Kosovo
Tak Hanya Timor Leste, 5 Negara Ini Juga Lahir Berkat Memisahkan Diri
Kosovo memerdekakan diri dari Serbia @ Newsonia

Masih ingat polemik gaya selebrasi pemain Swiss Xerdan Shaqiri saat melawan Serbia di Piala Dunia 2018 silam? Ya, selebrasi itu dilakukan oleh Shaqiri karena sejatinya ia memiliki darah Kosovo yang menyebrang ke Swiss karena dirinya adalah seorang imigran yang mengungsi dari daerah konflik.

Kosovo awalnya adalah sebuah provinsi di Serbia yang berada di bawah naungan PBB. Kosovo telah mencoba melakukan perlawanan untuk berpisah sejak tahun 1990. Usaha awal ini gagal dan berakhir menjadi tragedi pembantaian massal dan pengungsian besar-besaran.

Namun, pada 17 Februari 2008, Kososvo kekeh untuk memisahkan diri dari Serbia dan mendeklarasikan kemerdekaannya. Meskipun didukung oleh negara-negara Barat lainnya, namun Serbia masih merasa tidak terima.

Bangladesh
Tak Hanya Timor Leste, 5 Negara Ini Juga Lahir Berkat Memisahkan Diri
Momen Pakistan menyerah dan Bangladesh berdiri sebagai negara sendiri @ Dhaka Tribune

Ketegangan politik dan nasionalisme budaya di Pakistan Timur menyebabkan konflik sebangsa hingga penekanan oleh pasukan Pakistan Barat yang brutal. Operasi tersebut terkenal dengan sebutan Operasi Searchlight.

Superioritas Pakistan Barat dalam agresi membuat Pakistan Timur mendeklarasikan diri sebagai Bangladesh yang mengakibatkan perang saudara yang tak terhindarkan.

Baca Juga: Makanan yang Ada di Dunia Ghibli, Aslinya Makin Bikin ‘Nelen’ Ludah

Atas deklarasi tersebut, Pakistan Barat yang semakin ‘marah’ kian menggencarkan serangan militer ke Pakistan Barat alias Bangladesh. Penduduk, pelajar, dan personel bersenjata Bangladesh menjadi target operasi militer Pakistan untuk menghancurkan perlawanan mereka menuju kemerdekaan.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...