Selamat Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Fakta Menarik ‘Si Meong’ yang Bikin Melongo
Kucing (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Tau ngak hari ini hari apa? Jika kamu menjawab kalau hari ini, hari Rabu benar, sih. Tapi di hari ini ada peringatan khususon para pecinta kucing. International Fund for Animal Welfare (IFAW) dan beberapa pemerhati hak asasi hewan pada tahun 2002 kompak menetapkan 8 Agustus menjadi Hari Kucing Sedunia.

Peringatan ini tak lepas dari keberadaan kucing dalam kehidupan kita. Faktanya, sudah ratusan tahun lalu, terutama di zaman Mesir kuno kucing sudah menjadi hewan peliharaan di kalangan keluarga kerajaan. Dan di era modern ini, kucing masih menjadi salah satu hewan peliharaan terfavorit di dunia.

Baca Juga: Profil Anggota DPR Ini Disunting Jadi Berbau Seks, Kok Bisa?

Nah, di Hari Kucing Sedunia, MalangTODAY mecoba merangkum lima fakta menarik ‘Si Meong’ yang bakal bikin melongo, terutama buat kamu para pecinta hewan bernama latin Felis catus ini.

1. Suka Kebersihan

Pernah ngak sih kamu melihat kucingmu menjilat-jilat tubuhnya sendiri?. Kucing melakukan hal ini untuk menjaga kebersihan dengan menggunakan air liurnya. Meskipun ada sebagaian orang percaya jika air liur kucing mengandung kuman, namun faktanya tidaklah demikian.
Dilangsir dari www.dokter.id, Rabu (08/08/2018) berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Dr. George Maqshud, kepala laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah menjelaskan jika air liur kucing bersih dan tidak mengandung kuman. So, dont worry jika kamu suka dijilatin kucingmu sendiri hehehe…

2. Peramal gempa

Siapa yang pernah menyangka jika kucing bisa memprediksi datangnya becana gempa bumi. Meskipun belum pernah ada penelitian yang mendalam terkait masalah tersebut. Namun, nyatanya kucing memiliki sensor yang sangat sensitif dibagian kaki.

Dengan sensor inilah ‘si meong’ mampu merasakan getaran-getaran di bawah permukaan bumi. Jadinya ketika kamu melihat kucing mu bertingah aneh dari biasanya. Bisa jadi ada sesuatu yang akan terjadi beberapa menit kemudian.

3. Suka Pujian
Tak hanya manusia saja yang suka dipuji, kucing pun juga menyukai hal ini. Dilangir dari halaman wowmenariknya.com menjelaskan kucing lebih mudah mengingat pujian dari pada hukuman.

Baca Juga  Kekalahan Paling Memalukan Klub Sepak Bola Terbaik Dunia, Barcelona

Jadi perlakukan kucingmu dengan baik, dan berilah belaian kasih sayang setiap harinya. Agar mereka merasakan kebahagiaan sebagai hewan peliharaan sesungguhnya, setuju?

Baca Juga: Reuni Bhawikarsu Angkatan 76, Api Semangat untuk Jalani Hari Tua

4. Punya 9 nyawa?

Pada kodratnya, setiap makluk hidup manusia maupun hewan memiliki satu nyawa. Namun ada mitos yang percaya jika kucing memiliki banyak nyawa. Tak tanggung-tanggu ada sembilan nyawa yang kucing punya. Apakah benar mitos itu?

Faktanya tidaklah seperti itu, kucing memiliki keseimbangan yang baik dalam sistem tubuhnya. Sistem ini yang membuat kucing mampu meringankan tumbuhnya saat terjatuh dan menghindarkan cidera. Penelitan terkait kehebatan sistem keseimbangan kucing pernah dilakukan oleh seorang ahli bernama Etienne Jules Marey

5. Makan rumput

Dalam pelajaran biologi waktu sekolah SD, kucing digolongkan dalam hewan karnivora alias pemakan daging. Namun kenyataannya kucing ‘terkang’ juga memakan rerumputan.
Ruput bermanfaat untuk memperbaiki sistempercenaan kucing. Selain itu juga membantu mengeluarkan rambut yang menumpuk dilambung saat ‘si meong’ menjilati tubuhnya

Penulis : Endra Kurniawan
Editor : Kistin Septiyani

Loading...