Ilustrasi kesurupan (IDN Times)
Ilustrasi kesurupan (IDN Times)

MALANGTODAY.NET – Seringkali, kesurupan dikaitkan dengan hal-hal mistis yang berkaitan dengan keagamaan. Namun berbeda halnya jika dikaitkan dengan ilmiah. Menurut penjelasan ilmiah, kesurupan adalah bentuk dari Dissociative Trance Disorder (DTD).

DTD adalah suatu bentuk gangguan kejiwaan yang berhubungan dengan kesadaran serta ingatan yang berkaitan dengan lokasi dan tradisi budaya tertentu. Dalam kasus ini, DTD ada kaitannya dengan kehadiran makhluk tak kasat mata.

Baca Juga  5 Kasus Kesurupan di Tempat Wisata yang Seram Banget! Nomor 3 Ada di Malang!

Dilansir dari Quipper.com (15/10/2018), orang bisa mengalami DTD karena kondisi psikisnya sedang terganggu. Kondisi psikis yang dimaksud ini adalah kelelahan dan tekanan pikiran.

Saat mengalami DTD, seseorang akan kehilangan bahkan berganti kesadaran. Mereka seakan merasakan ada orang lain yang hadir di dalam tubuh.

Lambat laun, penderita DTD tersebut mulai mengubah identitasnya dengan identitas baru tadi. Inilah yang umum disebut orang sebagai kesurupan atau masuknya makhluk halus ke dalam tubuh seseorang.

Saat mengalami DTD, seseorang akan bertindak di luar kendali seperti kehilangan kontrol anggota gerak, mengeluarkan suara yang tidak seperti biasanya, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Bukan Karena Banyak Dosa, Ini Alasan Kenapa Orang Meninggal Bobotnya Lebih Berat

Sebab secara ilmiah kesurupan dianggap merupakan gangguan kejiwaan, maka proses penyembuhannya juga melalui proses penanganan kejiwaan. Langkah pertama yang bisa ditempuh yakni mengumpulkan informasi dari orang-orang terdekat penderita.

Selanjutnya, pengumpulan informasi diperlebar mengenai lingkungan tempat penderita berada. Untuk di lingkungan, aspek yang perlu digali adalah tentang tradisi, budaya, dan nilai keagamaan yang ada.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.