Rutinitas Ini Bisa Buat Panjang Umur! Nomor 4 Sederhana Banget
Ilustrasi keluarga@Rockingmama

MALANGTODAY.NET – Hidup lama dengan bahagia tentu menjadi cita-cita semua orang. Nah, berikut ini MalangTODAY telah merangkum rutinitas yang bisa membuat kalian panjang umur dan lebih bahagia, mengutip dari Elite Daily pada, Senin (13/8).

1. Menuliskan Hal yang Disyukuri Setiap Pagi

Rutinitas Ini Bisa Buat Umur Panjang! Nomor 4 Sederhana Banget
ilustrasi bersyukur (istmewa)

Menurut Susan Rose seorang happiness coach, menuliskan hal yang kita syukuri di pagi hari setiap harinya bisa membuat kita menjalani hari dengan lebih positif. Dimulai dengan mensyukuri hal-hal kecil seperti segelas kopi hangat yang nikmat, atau sarapan pagi yang lezat.

Baca Juga: Ini Tips dari Ahli Agar Terhindar Penyakit Diabetes dan Jantung

Dengan pemikiran positif, kita akan menjalani hari dengan lebih bahagia. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh National Academy of Science pada 2011 lalu menunjukkan bahwa orang yang hidup bahagia memiliki umur yang lebih panjang. Jadi, sudah menemukan apa yang bisa disyukuri hari ini?

2. Menggunakan Sunscreen

Rutinitas Ini Bisa Buat Umur Panjang! Nomor 4 Sederhana Banget
ilustrasi sunscreen @shutterstock

 

Seorang ahli bedah plastik dari New York mengungkapkan sebuah rutinitas sederhana yang bisa membuat kita hidup lebih lama, yaitu dengan menggunakan sunscreen setiap harinya. Penggunaan produk kecantikan satu ini ternyata terbukti bia menurunkan resiko terkena kanker kulit.

Radiasi dari sinar UV yang setiap hari mengenai kulit kita ternyata dapat menyebabkan kanker kulit yang sangat ganas dan mematikan. Meski lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, namun tak ada salahnya untuk menggunakan sunscreen sebagai perlindungan terluar kuli.

3. Tertawa

Rutinitas Ini Bisa Buat Umur Panjang! Nomor 4 Sederhana Banget
ilustrasi tertawa @Istock

Tertawa memang sudah lama dikenal sebagai cara ampuh mengurangi stres. Selain itu tertawa juga terbukti membuat umur lebih panjang, loh! Menurut pendiri dan CEO dari American Fitness Professionals & Associates tertawa dapatmembantumu menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Tertawa dapat membuat kalian menjalani kehidupan yang lebih panjang dengan bahagia. Perasaan bahagia akan membuat sirkulasi hormon endorphin lebih lancar di dalam tubuh. Hormon ini dapat membuat kalian berpikir dan bertindak dengan lebih baik.

4. Aktif Bergerak

Rutinitas Ini Bisa Buat Umur Panjang! Nomor 4 Sederhana Banget
Ilustrasi mata kuliah seni berjalan @istimewa

Baca Juga: Truk Pertamina Rem Blong, Sopir Banting Setir dan Lompat

Ini adalah hal sederhana dan sangat mudah dilakukan. Tidak harus dengan berolah raga, dengan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan atau gerakan aktif lainnya, kalian bisa hidup lebih lama loh! Menurut seorang ahli ergonomi dan kesejahteraan kantor, duduk dan berdiam diri seharian buaknlah sebuah tindakan yang baik. Menurutnya, gerakan ringan yang sering dilakukan setiap hari bisa mengurangi resiko kematian.

Baca Juga  6 Cara Alternatif Atasi Kebosanan Saat Kamu Bekerja

5. Menghabiskan Waktu dengan yang Tercinta

Rutinitas Ini Bisa Buat Umur Panjang! Nomor 4 Sederhana Banget
Ilustrasi keluarga (Istimewa)

Seorang penasihat kesehatan mental asal New York mengatakan bahwa dengan menghabiskan banyak waktu bersama orang-orang terkasih dapat memperpanjang usia. Dalam sebuah penelitian di Harvard, rusaknya hubungan dengan orang-orang terdekat dapat meningkatkan resiko kematian dini hingga 0,5 persen. Jadi habiskan beberapa jam dalam seminggu untuk berkumpu, mendenagrkan celoteh orang-orang tercinta.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...