Ilustrasi reporter RCTI tewas saat liput konflik Aceh @ Malangtodaynet
Ilustrasi reporter RCTI tewas saat liput konflik Aceh @ Malangtodaynet

MALANGTODAY.NET Bekerja menjadi seorang reporter bukanlah perkara mudah. Bahkan tak jarang di beberapa kesempatan nyawa menjadi taruhannya. Seperti yang dialami oleh reporter RCTI Sory Ersa Siregar atau yang akrab disapa Bang Ersa yang tewas mengenaskan saat bertugas.

Ersa Siregar dikabarkan tewas dengan beberapa luka tembakan dalam baku peristiwa baku tembak antara TNI-GAM di Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur, Senin (29/12/2003). RCTI mengabarkan, Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu yang saat itu menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat membenarkan Ersa meninggal karena peluru tentara.

Baca Juga  Hari Batik Nasional, Yuk Kenalan sama Batik Karya Warga Eks Lokalisasi

“Kan, Ersa ada di pihak GAM,” ungkap Ryamizard, di Jakarta, Selasa, 30 Desember 2003.

Kejadian tersebut diakui Ryamizard memang sulit terhindarkan. Apalagi, tentara yang sedang bertugas tak mengetahui kalau saat itu ada seorang sandera.

“Peluru enggak bisa melihat mana yang salah dan benar. Jadi, jangan diputar balik,” tukasnya.

Luka atas kepergian Ersa Siregar tidak hanya datang dari keluarganya saja melainkan bagi dunia jurnalistik secara luas. Tidak hanya sekedar mencari berita, berada di medan perang juga perlu memikirkan penyelamatan diri.

Pihak-pihak yang terlibat mungkin akan mentaati perjanjian perlindungan terhadap reporter. Namun hal tersebut bukan menjadi halangan bagi Ersa untuk tetap berjuang menyampaikan informasi kepada publik.

Kejadian Ersa bukanlah yang pertama kali. Berdasarkan laporan Reporters Without Borders (RSF) dilansir dari IDN Times, mulai bulan Januari hingga Oktober 2018 sebanyak 56 reporter di seluruh dunia tewas ketika bertugas.

Selain Ersa Siregar, berikut tujuh kasus tewasnya reporter saat bertugas

1. Abdirizak Said Osman

Abdirizak Said Osman @ Midnimo

Bagian punggung dan jantung reporter Voice of Peace di Somalia, Abdirizak Said Osman ditusuk pada Selasa (18/9/2018). Dikutip dari media lokal madmimi, ia sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi kemudian menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 03.00 dini hari.

Beberapa rekan dari Osman menyebut bahwa motif pembunuhan ialah balas dendam. Mengingat, ia saat itu belum lama melaporkan situasi tidak aman di kota Galkayo. Kekacauan tersebut diduga dibuat oleh kelompok teroris Al-Shabaab yang berafiliasi dengan Al-Qaeda di Arab.

2. Daphne Caruana Galizia

Daphne Caruana Galizia @ DiEM25

Reporter The Malta Independent, Daphne Caruana Galizia meninggal saat mengemudi mobil di Bidnija, Kepulauan Malta pada 16 Oktober 2017. Daphne tewas karena ledakan bom yang telah terpasang sebelumnya di mobil tersebut.

Dilansir Times of Malta, Daphne sempat melapor ke kepolisian dua minggu sebelum kematiannya bahwa ia menerima ancaman pembunuhan. Galizia sendiri ikut mengungkap sejumlah kasus yang melibatkan politisi Malta. Yang mana, salah satu investigasi terbarunya adalah mengenai skandal Panama Papers.

3. Ahmed Abu Hussein

Ahmed Abu Hussein @ Palestine Chronicle
Ahmed Abu Hussein @ Palestine Chronicle

Pakaian rompi bertuliskan ‘PERS’ lengkap dengan helm biru bertuliskan ‘TV’ dipakai Ahmed Abu Hussain saat meliput demonstrasi damai di perbatasan Gaza pada 25 April 2018. Nahas, penampilannya tersebut tak membuatnya terhindar dari peluru Israel.

Menurut rekan sesama reporter, Rami el Sharafi menduga peluru tersebut sengaja diarahkan ke tubuh Hussain. Terlebih, Ahmed saat itu berada di jarak aman atau 700 meter dari lokasi.

4. Orkhan Dzhemal

Orkhan Dzhemal @ CPJorg
Orkhan Dzhemal @ CPJ.org

Seorang wartawan medan tempur ternama, Orkhan Dzhemal meninggal di tangan kelompok bersenjata Republik Afrika Tengah pada 30 Juli 2018. Ia tewas bersama dua rekannya Alezander Rastorguyev yang berprofesi sebagai pembuat film dokumenter dan Kirill Radchenko sebagai juru kamera.

Menurut laporan media Prancis Ouest France, ketiganya sampai di Sibut yang terletak 300 km dari Ibu Kota Bangui untuk meliput tentang kelompok tentara bayaran yang direkrut oleh perusahaan sekuriti Rusia bernama Wagner.

5. Abid Hussain

Abid Hussain Vehari @ Freedom Network

Reporter Daily Sagemail Abis Hussain tewas setelah dianiaya oleh kelompok tak dikenal pada 23 Agustus 2018 di Provinsi Punjab, India.

Sang ayah, Ghulam Farid, mengaku menjadi saksi mata atas pembunuhan anaknya tersebut. Ia mengatakan para pelaku menyinggung tentang tulisan-tulisan Hussain terkait perdagangan obat-obatan terlarang di wilayah itu.

6. Jan Kuciak

Jan Kuciak (kanan) dan kekasihnya Martina Kusnirova (kiri) @ South China Morning
Jan Kuciak (kanan) dan kekasihnya Martina Kusnirova (kiri) @ South China Morning Post

Menurut laporan Reuters, kematian Martina Kusnirova terjadi pada 25 Februari 2018. Kasus ini berkaitan dengan pekerjaan Kuciak yang saat itu tengah menginvestigasi korupsi di negaranya yang diduga melibatkan kelompok kriminal asal Italia, ‘Ndragheta.

Otoritas Slovakia memvonis tiga pria yang terbukti sebagai pelaku pembunuhan Kuciak dan Kusnirova Pada akhir September lalu. Menurut laporan BBC, hakim mengatakan salah satu pelaku berhubungan dengan polisi. Kematian Kuciak dan kekasihnya pun melahirkan demonstrasi damai di sejumlah kota di Slovakia.

Baca Juga  Punya Wajah Innocent, 4 Selebriti Hollywood Ini ‘Sadis’ Luar Dalam!

7. Viktoria Marinova

Viktoria Marinova @ CNN
Viktoria Marinova @ CNN

Reporter yang tewas mengenaskan saat bertugas yang terkahir ialah Viktoria Marinova seorang reporter televisi Bulgaria. Ia ditemukan dalam keadaan tidak berdaya pada Sabtu (6/10/2018). Seperti dilaporkan The Guardian, otoritas Bulgaria mengatakan, Marinova meninggal karena dibunuh. Bahkan, pelaku juga memperkosa perempuan 30 tahun itu.

Marinova merupakan salah satu wartawan ternama di stasiun televisi lokal. Program terakhir yang dipandunya baru saja tayang pada 30 September lalu. Dalam program tersebut ia mewawancarai dua wartawan investigasi terkait dugaan penyelewangan dana yang melibatkan anggaran dari Uni Eropa, politisi serta pebisnis Bulgaria.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.