Pembohong Besar Publik, Ini 3 ‘Pinokio’ Sejati di Dunia Nyata!
Ilustrasi film Pinokio @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Tepat pada hari ini, salah satu film kartun legendaris Disney, Pinocchio (dalam bahasa Indonesia: Pinokio) dirilis pada tahun 1940. Kisah boneka kayu yang hidungnya memanjang setiap kali dia berbohong menjadikannya sebuah kisah edukatif bagi anak-anak untuk tidak berbohong karena hanya akan berbuah celaka suatu hari kelak.

Namun sayangnya, berbohong sudah menjadi kebiasaan laten yang tak bisa dihindari manusia. Meski begitu, terdapat beberapa tokoh terkenal dunia yang dikenal sebagai pembohong besar yang berhasil menipu dunia. Apa karena mereka tidak mengilhami dengan baik kisah Pinokio? Dikutip dari Liputan6.com, ini dia penipu ulung terbesar dalam sejarah dunia.

Bill Clinton
Bill Clinton
Bill Clinton @Democracy Now

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-42 ini berhasil membuat skandal terburuk yang pernah ada sepanjang sejarah kepresidenan AS. Clinton berhasil membohongi publik –termasuk istrinya sendiri, Hillary- terkait skandal seks dirinya dengan salah satu pegawai Gedung Putih, Monica Lewinsky. Namun skandal itu terungkap pada 1998 setelah rekaman perselingkuhan itu mencuat ke publik.

Robert Ripley.
Robert Ripley
Robert Ripley @Wikia

ZensTODAY mungkin ada yang pernah mendengar acara TV berjudul Ripley’s Believe It or Not? Program tersebut menghadirkan sosok Robert Ripley yang memnyebut dirinya adalah penjelajah seluk beluk dunia unik. Ia mengaku menemukan manusia bertanduk, perempuan berlidah garpu, hingga atlet golf tanpa tangan. Kisah ini kemudian dibongkar oleh Vanity Fair sebagai kebohongan semata. Meski begitu, program ini tetap laris di AS.

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet @Beritagar

Ratna Sarumpaet sangat mungkin masuk di daftar ini. Foto yang memperlihatkan wajahnya lebam-lebam disebut karena ‘dihajar’ oleh beberapa pria di bandara Bandung. Ratna yang kebetulan berafiliasi dengan kubu oposisi berhasil membuat masing-masing kubu terlibat psywar super panas. Pada akhirnya, ia mengaku bahwa lebam di wajahnya adalah efek dari operasi plastik yang dialami. Kini, ia mendekam di tahanan menanggung perbuatannya. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.