Warna Merah (Tirto)
Warna Merah (Tirto)

MALANGTODAY.NET – Kemeriahan Imlek semakin terasa. Warna merah hampir bisa dijumpai di berbagai penjuru kota. Meski demikian, sebenarnya apa sih makna yang terkandung dalam warna merah? Kenapa banyak orang begitu kagum akan kedahsyatan warna merah?

Ternyata, makna warna merah ini tidak hanya sekedar persepsi orang saja. Penelitian ilmiah juga telah menyatakan bahwa memang ada kaitan antara warna merah dengan sistem kerja tubuh.

Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Andres Elliot dari Univesitas Rochester menyatakan bahwa warna merah dapat memicu peningkatan denyut jantung dan dorongan hormon testosteron.

Hormon ini dpaat berpengaruh pada peningkatan kualitas kerja. Sebaliknya, jika anda melihat lawan anda menggunakan warna merah, bisa jadi nyali anda yang kemudian akan merosot. Kaitan yang lain yaitu warna ini bisa memicu munculnya motivasi kekuatan.

“Jika Anda melihat merah, Anda akan merasa takut dan status gentar pada diri Anda. Testosteron Anda akan turun,” jelas Elliot.­­ Dilansir dari Viva.co.id (14/2/2018).

Kemudian, kamu juga pasti sering kan mengaitkan warna merah dengan penampilan? Yups, menurut peneliti, warna merah memang cenderung bisa menarik perhatian. Orang yang melihat warna ini akan lebih mudah dibuat terpikat.

Lalu, bagaimana dengan warna merah yang juga identik dengan perayaan Imlek? Nah, jika dalam tradisi Tionghoa, warna merah merupakan simbol kebahagiaan, keberuntungan, dan penolak bala. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.