Nozzle Pora, Tradisi Unik Pernikahan Ala Petugas Damkar
Tradisi unik nozzle pora mengantarkan pasangan Andrianto dan Niska menuju pelaminan @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Raut wajah sumringah nampak terpancar dari Adrianto (23) yang resmi melepas masa lajangnya dengan mempersunting Niska Dewi (23). Andrianto merupakan salah seorang anggota pemadam kebakaran Kabupaten Malang.

Layaknya anggota pemadam kebakaran lainnya, saat menikah, ada tradisi unik nozzle pora yang harus dijalankan. Tradisi ini berbeda dengan pedang pora ala intansi militer.

Baca Juga  Ungkap Jaringan Pengedar Sabu, 3 Orang Diringkus Polsek Kepanjen

Andrianto dan Niska terlebih dahulu dijemput dan diarak menggunakan mobil damkar. Kemudian, mereka akan berjalan ke pelaminan dengan melewati barisan anggota damkar lainnya.

Nozzle sendiri diambil dari nama alat penyemprot air, yang biasa digunakan petugas damkar untuk menjinakkan api.

“Ini tradisi kita dan ingin kita terus laksanakan terus. Saat ini salah satu anggota kami di PPK Kabupaten Malang sedang melakukan pernikahan. Jadi kami ini sedang laksanakan prosesi nozzle pora,” ujar Kepala Seksi Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Satpol PP Kabupaten Malang, Agus Suyanto, Senin (25/2/2019).

Baca Juga  Perlintasan Tak Berpalang, Minibus Disambar Kereta Api di Sumberpucung

Agus menambahkan, pihaknya mengerahkan tiga unit mobil damkar untuk meramaikan nozzle pora pada pernikahan Andrianto. Bukan hanya sekedar tradisi, melalui prosesi nozzle pora itu juga didoakan agar pasangan yang menikah bisa menjadi keluarga yang bahagia selamanya.

Tradisi unik nozzle pora itu juga sempat menyedot perhatian masyarakat di sekitar tempat resepsi Andrianto dan Niska di Dusun Jambu, Desa Pandanmulyo, Kecamatan Tajinan. Banyak dari warga yang menyaksikan tradisi unik itu untuk pertama kalinya. (DHI/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.