Nekat! Sopir Truk Ini Palsukan Surat Tilang Hanya Karena Hal Ini
ilustrasi surat tilang @ viva

MALANGTODAY.NET Terkena bukti pelanggaran atau tilang dianggap sebagai hal sial bagi kebanyakan orang. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi pelanggar di Kota Parepare, Sulawesi Selatan kala petugas menindak sejumlah pelanggar lalu lintas dalam rangkaian Operasi Zebra.

Menurut laporan dari laman otogrid, pelanggar lalu lintas terbanyak adalah pengendara motor dan mobil yang belum bayar pajak. Rata-rata dari mereka langsung dikenakan denda tilang di tempat.

BACA JUGA: Bukan Puti Guntur Soekarno, Ternyata Ini Kandidat Kuat Pengganti Risma

Namun bukannya panik atau takut, para pengendara yang terjaring Operasi Zebra karena belum membayar pajak kendaraan malah gembira dan berterima kasih kepada petugas.

Pada hari ke-10 Operasi Zebra ini, petugas bekerja sama dengan kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, memberikan pelayanan bayar pajak di tempat Operasi Zebra.

“Alhamdulillah kena tilang, dan harus bayar pajak di tempat. Memang saya belum bayar pajak karena kesibukan di kantor. Selain sibuk untuk membayar pajak di Kantor Samsat kita harus antri dan biasanya kita menunggu lama. “ Kata Daniel, warga Parepare, Kamis (08/11/2018).

Menurut Daniel, dengan adanya Operasi Zebra yang melibatkan Samsat Parepare, sejumlah pengendara yang terjaring terjaring malah senang. Tilang di tempat dengan membayar pajak, justru membuat mereka lebih mudah dan cepat membayar pajak.

Sebenarnya pihak Samsat memberikan kemudahan membayar pajak di lokasi Operasi Zebra. Hal itu diberikan kepada mereka yang belum sempat membayar pajak kendaraan bermotor mereka. Kantor Samsat Parepare juga menyiapkan percetakan STNK pada mobil Samsat Keliling.

BACA JUGA: 5 Kisah Horor Legendaris Kampus ITB Bandung, Bayanginnya Aja Ogah!

“Yang mau membayar pajak kendaraan mereka saar terjaring Operasi, kita beri kemudahan untuk mencetak STNK kendaraan mereka di tempat di mana Operasi Zebra berlangsung,” jelas Kasi Pendataan dan Penagihan Kantor Samsat Kota Parepare, Ahmuddin sebagaimana yang dikutip dari laman kompas.

Meski begitu, hal yang dilakukan pelanggar tersebut tidak sepenuhnya dibenarkan. Tetap bagi kita sebagai warga negara yang baik harus selalu tepat waktu dalam hal membayar pajak.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...