Menakjubkan! Begini Penampakan Bumi dan Bulan dalam Satu Frame untuk Pertama Kalinya
Foto Bumi dan Bulan dalam satu frame untuk pertamakalinya @NASA

MALANGTODAY.NET – Saat ini kita bisa dengan mudah mencari dan melihat foto Bumi dan Bulan dari luar angkasa. Namun tahukah kamu seperti apa gambar pertama Bumi dan Bulan dari luar angkasa yang diambil pertama kalinya?

Tepat hari ini, 41 tahun yang lalu, Pesawat Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Voyager 1 berhasil mengabadikan Bumi dan Bulan dalam satu frame untuk pertama kalinya. Sebelumnya memang sudah ada orang yang memotret Bumi dan Bulan secara terpisah.

Baca Juga: Jelang Pendaftaran CPNS, Begini Persiapan BKD Kabupaten Malang

Foto Bumi dari luar angkasa pertama kali dipotert melalui Lunar Orbiter 1 milik NASA pada 23 Agustus 1966. Sedangkan foto Bulan pertamakali diambil oleh John W Draper pada 26 Maret 1840 dari atap New York University.

Foto Bumi dn Bulan dalam satu frame ini menjadi sesuatu yang sangat bersejarah bagi dunia kala itu. Foto tersebut menjadi sebuah pengungkapan penting dalam dunia antariksa, karena sebelumnya tak ada yang tahu penampakan asli bumi dan satelit alaminya itu.

Baca Juga: Blak-blakan, Bupati Malang Kembali Sentil Para ASN Pemkab Malang

Foto tersebut diambil Voyager 1 pada malam hari dengan ketinggian 11,66 juta kilometer dari permukaan Bumi. Fotyo ini diambil setelah Voyager 1 mengudara selama 13 hari.

Voyager 1 diluncurkan ke angkasa pada tanggal 5 September 1977. Pesawat ini meluncur dar stasiun roket Titan-Centaur. Hingga kini, Voyager 1 masih beroperasi dan mengirimkan informasi terbaru terkait dengan antariksa. Saat ini pesawat tersebut kini sudah melewati tepian tata surya.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...