Siap Rilis, Ini Kabar Terbaru Orang Pertama yang Menginisiasi Proyek Esemka
Sukiyat, inisiator pertama mobil nasional Esemka @ Tempo

MALANGTODAY.NET – Mobil nasional Esemka dikabarkan segera dipasarkan. Menurut laporan dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BLPJ-SKB), telah ada 8 tipe mobil yang telah lolos pengujian.

Proyek mobil ini pertama kali dipopulerkan oleh Presiden Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Saat itu, Jokowi begitu tertarik dengan proyek mobil ini karena dikerjakan oleh anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Baca Juga: Masa Kampanye, 8 Mobil Esemka Lolos Uji Tipe & Siap Rilis. Dikebut?

Esemka pertama kali muncul di tahun 2009 dengan dirakit oleh anak-anak SMK Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Sang inisiator dari pembuatan mobil ini adalah seorang pemilik bengkel bernama Sukiyat.

Bengkel Kiat Motor milik Sukiyat lantas menjadi mitra perusahaan dalam program perakitan mobil oleh siswa SMK. Sekolah-sekolah pun kemudian mengirimkan siswa mereka ke Kiat Motor di Ceper, Klaten, untuk belajar membuat body mobil, termasuk bagian interior dan eksterior serta rangkanya.

Baca Juga: 3 Artis Seksi Jebolan Take Me Out Indonesia, Nomor 3 Miris!

Kesuksesan Sukiyat melibatkan murid SMK merakit mobil sendiri menarik perhatian Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Jokowi pun kemudian meminta mobil Kiat Esemka sebagai mobil dinas wali kota.

Sayangnya, karena tidak lulus pengujian emisi, mobil itu gagal diproduksi secara massal. Proyek mobil nasional Esemka yang siap rilis dalam waktu dekat kini ditangani sepenuhnya oleh PT Adiperkasa Citra Lestari di Sambi, Boyolali.

Baca Juga: PSG Diduga Terlibat Pengaturan Skor, Kebanyakan Duit?

Siap Rilis, Ini Kabar Terbaru Orang Pertama yang Menginisiasi Proyek Esemka
Mobil pedesaan Mahesa Nusantara @ Tempo

Kendati demikian, saat ini Sukiyat tengah mengembangkan tipe mobil lain yang diberi nama Mahesa Nusantara. Bahkan kabarnya, Mahesa Nusantara siap dirilis pada bulan Januari 2019.

Tak seperti mobil biasa, Mahesa Nusantara adalah kendaraan mobil pedesaan yang khusus diperuntukkan bagi kebutuhan transportasi para petani.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...