Soal Isu Orang Tua Keturunan China, Jokowi: Orang Tua Saya Asli Boyolali
Presiden Jokowi akui orang tuanya asli Boyolali @ Indonesiaexpat

MALANGTODAY.NET – Selama empat tahun menjabat sebagai Presiden Indonesia dan selama masa kampanye sebelumnya, Joko Widodo atau yang akrab disapa dengan Jokowi acap kali diterpa isu miring perihal keturunan orang tuanya. Dari kabar-kabar beredar yang masih belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, ada rumor bahwa orang tua Jokowi memiliki keturunan Cina yang berasal dari Singapura.

Seringnya Jokowi tidak menanggapi dan merespon atas isu-isu yang menerpa dirinya tersebut. Namun, akhirnya Presiden Indonesia Ketujuh tersebut membuka suara. Jokowi mengatakan bahwa orang tuanya adalah asli dari daerah Boyolali, Jawa Tengah.

Baca Juga: Ashanty Rayakan Ultah Mewah di Bali, Segini Usianya Sekarang

“Bapak ibu saya itu orang desa di Boyolali,” beber Jokowi seperti dilansir dari Detik.com, Minggu (4/11/2018).

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Joko Widodo ketika memberikan pengarahan dalam Konsolidasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja Provinsi Banten di Gedung ICE BSD, Serpong, Tangerang, Minggu (4/11/2018). Jokowi merasa bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk membuka suara.

Baca Juga: Pidato Boyolali, Kubu Prabowo Sebut Ada Politisasi dari Kubu Jokowi

“Selama ini, selama 4 tahun saya diam. Tapi kini saya harus jawab. Saya harus ngomong,” kata Jokowi menambahkan.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengaskan bahwa isu-isu soal keturunan yang ditujukan padanya itu hanyalah fitnah belaka. Ia menambahkan bahwa dalam berpolitik perlu adanya etika dan adat.

“Yang namanya berpolitik itu ya yang harusnya beradat, beretika, dan dengan tata krama,” pungkas Jokowi.

Baca Juga: Satir! Gara-gara Prabowo, Ribuan Warga Turun ke Jalan Gelar Aksi Bela ‘Tampang Boyolali’

Dilansir dari Detik.com, ibunda dari Joko Widodo memang berasal dari Boyolali, tepatnya dari Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Almarhum ayah Jokowi, Notomiharjo juga menghabiskan masa muda untuk sekolah di desa yang sama dengan sang ibunda.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...