Inilah 7 Tanda Tahi Lalat Jadi Sel Kanker!
Tahi lalat @Wordpress.com

MALANGTODAY.NET – Kanker kulit ternyat bisa dilihat dari dini mellui gejala yang mirip tahu lalat loh Zens. Tanda inilah yang disebut dengan melanoma. Nah, mengutip dari Hallosehat.com pada Rabu (29/8), berikut ini cara membedakan tahi lalat normal dan sel kanker atau melanoma.

Terasa Gatal

Salah satu pertanda sel kanker adalah munculnya rsa gatal pada bagian tubuh yang terserang. Jadi, jika tahi lalat dan tanda lahir kalian terasa gatal, kslian perlu waspada. Terutama jika rasa gatalnya terasa terus menerus dan tak kunjung hilang. Akan lebih baik memeriksakan diri sedini mungkin.

Baca Juga: Begini Cara Menyulap Tumbuhan Liar Ini Jadi Obat Kanker

Semakin besar

Jika tahi lalat atau tanda lahir kalian semakin besar, kalian juga patutu curiga, Zens. Tahi lalat yang membesar dalam waktu singkat bisa jadi adalah sel kanker yang berkembang di kulit kalian. Tahi lalat atau tanda lahir normal akan berukuran tetap sepanjang waktu.

Warna tak merata

Tahi lalat normal akan memiliki pigmen warna yang merata di selurug sisinya. Namun jika dalam satu tahi lalat terdapat beberapa pigmen warna yang berbeda, maka kalian harus waspada. Selain itu, melanoma akan memiliki pinggiran berwarna kabur dan compang-camping. Bentuk tahi lalat pertanda kanker juga tidak simetris

Berdiameter lebih dari 6 milimeter

Sebagian besar tahi lalat yang terbentuk dari sel kanker berukuran lebih dari 6 milimeter. Namun tak jarang pula sel kanker ditemukan dengan ukuran yang lebih kecil. Pemeriksaan kesehatan secara berkala memang sanagt diperlukan ya Zens. Ingat mencegah lebih baik dari mengobati!

Warna semakin gelap

Selain terjadinya perubahan ukuran sel kanker yang berbentuk tahi lalat juga akan mengalami perubahan warna. Jika tahi lalat atau tanda lahir semakin lama terlihat semakin gelap maka itu bisa jadi sel kanker yang sedang berkembang. Namun beberapa kondisinormal, seperti ketika hamil untuk perempuan, warna tahi alalt juga bisa berubah.

Baca Juga: Pelecehan Seksual. Lisa Blackpink Gak Boleh, Jonatan Christie Boleh?

Terasa nyeri

Salah satu pertanda berkembangnya sel kanker adalah rasa nyeri yang timbul di bagian tubuh tersebut. Jika tahi lalat kalian terasa nyeri saat disentuh, maka segera periksakan ke dokter.

Terjadi pendarahan

Kalau yang ini sudh jelas ya Zens. Kalau Sampai terjadi pendarahan, muncul nanah, bersisik atau membengkak di tepi luarnya, segeralah periksakan ke dokter. Jangan sampai terlambat diketahui dan terlanjur menyebar menjadi kanker kulit.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...