Ini Fakta Candi Borobudur yang Tak Pernah Diungkap Sebelumnya
Candi Borobudur (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Siapa sih yang ndak kenal dengan candi yang satu ini? Jika kamu ingat waktu SD gurumu pasti sering bercerita tentang kemegahannya. Sampai-sampai dibuku pelajaran sering menyebutkan jika candi ini masuk dalam ‘7 Keajaiban Dunia’, Borobudur lah namanya.

Namun dibalik ketenarannya yang mendunia banyak sekali fakta-fakta mencengangkan dibalik eksistensi candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini. Dari namanya, cara membangunnya, hingga isu peninggalan Nabi Sulaiman AS.

Baca Juga: Inilah 5 Stuntman yang Tewas saat Jalani Syuting! Ih, Ada yang Tewas Seketika

Nah, dalam memperingati 45 tahun pemugaran candi Borobudur saat pemerintahan Presiden Soeharto di tahun 1973 berikut MalangTODAY sajikan fakta-fakta menariknya

1. Nama Borobudur

Ini Fakta Candi Borobudur yang Tak Pernah Diungkap Sebelumnya
Candi Borobudur (Detik.com)

Nama Borobudur masih menjadi misteri. Catatan atau naskah kuno pun tak ditemukan untuk mengungkapkan asal usul nama Borobudur. Adapun naskah kuno Jawa berumur 653 tahun berupa kitab Nagarakretagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca. Sayangnya dalam catatan tersebut tidak secara langsung menyebut kata Borobudur, hanya ada petunjuk mengenai bangunan suci agama Buddha.

Kata Borobudur pertama kali dicetuskan oleh Gubernur-Letnan pada masa Hindia Belanda, Sir Thomas Raffles. Dalam bukunya berjudul Sejarah Pulau Jawa Raffles menyebut Borobudur sebagai monumen suci. Borobudur bersal dari Bore-Budur yang mengacu pada dimana bangunan itu ditemukan, yakni di Desa Bore (Boro). Masih banyak sekali teori yang berusaha mengungkap misteri nama Borobudur hingga sekarang.

2. Candi Budha Terbesar di Dunia

Ini Fakta Candi Borobudur yang Tak Pernah Diungkap Sebelumnya
Candi Borobudur (Google.com)

Pada tanggal 27 Januari 2014 Guinness World Records menetapkan candi Borobudur menjadi candi Budha terbesar di dunia. Borobudur sendiri memiliki luas dasar 123×123 meter dan tinggi 42 meter jika diukur dari chattra hingga dasar.

Secara struktur bangunan, Borobudur berbentuk bujur sangkar. Dinding-dindingnya dihasi relief sebanyak 2.672 dan terdapat 500-an arca Budha. Lantaran keistimewaan ini candi yang dibangun pada abad 8 oleh Wangsa Syailendra ditetapkan oleh UNESCO sebagai bangunan warisan dunia yang wajib dijaga keberadaannya.

Baca Juga: Tragedi dan Bencana Ini Sudah Diramalkan, Kebetulankah?

3. Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman AS?

Baca Juga  Ashanty Rayakan Ultah Mewah di Bali, Segini Usianya Sekarang
Ini Fakta Candi Borobudur yang Tak Pernah Diungkap Sebelumnya
Candi Borobudur (Budhazine)

Beberapa waktu lalu publik pernah di kejutkan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh matematikawan dan pendakwah Islam KH Fahmi Basya yang menyebutkan jika Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman.

Fahmi Basya mengatakan tidak ada bukti-bukti otentik yang menyebut jika Borobudur dibangun oleh Wangsa Syailendra. Dirinya menggunakan dalil-dalil al-Quran untuk menjelaskan keberadaan candi Borobudur.

“Buku saya ini ditujukan untuk umat Islam. Di sana ditunjukkan bukti-bukti yang menguatkan Borobudur ini memiliki gambaran yang identik dengan simbol-simbol Islam,” kata Fahmi Basya saat mengisi seminar vent Festival Arkeologi #3 UGM pada tahun 2017 lalu.

4. Keberadaan Danau Purba

Ini Fakta Candi Borobudur yang Tak Pernah Diungkap Sebelumnya
Candi Borobudur (Booking.com)

Salah satu yang juga masih menjadi perdapat dikalangan peneliti adalah keberadaan danau purba. Candi Borobudur memang berbeda dari candi-candi pada umumnya yang dibangun di wilayah datar, beda dengan candi satu ini.

Menurut buku berjudul ‘Borobudur monument (Java, Indonesia) stood by a natural lake: chronostratigraphic evidence and historical implications’ yang ditulis Murwanto. H, Gunnell. Y, Suharsono, S, dkk pada 2004 menyebutkan jika Candi Borobudur dibangun diatas danau purba. Namun hingga sekarang masih menjadi perdebatan dikalangan arkeolog.

Baca Juga: Waspada Gempa, Kepala BPBD Kota Malang Berikan Trik Segitiga Kehidupan

5. Borobudur Masa Kini

 dibalik ketenarannya yang mendunia banyak sekali fakta-fakta mencengangkan dibalik eksistensi candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini. Dari namanya, cara membangunnya, hingga isu peninggalan Nabi Sulaiman AS.
Candi Borobudur (blamethemonkey)

Diera sekarang candi Borobudur bukan hanya menjadi tempat beribadah untuk umat Budha dan destinasi wisata juga digunakan untuk berbagai event-event tahunan.

Sebut saja seperti Borobudur Art Festival 2018, Borobudur Vesak Celebration, Borobudur Marathon, Borobudur Symphony, Borobudur Night, Borobudur Storytelling Festival hingga Sendratari Ramayana.

Penulis : Endra Kurniawan
Editor : Kistin Septiyani