Ilustrasi seseorang menggunakan hair dryer (Istimewa)
Ilustrasi seseorang menggunakan hair dryer (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Kita seringkali mendengar kabar bahwa tabung gas bisa meledak sewaktu-waktu. Alasannya beragam, mulai dari pemasangan yang salah hingga kondisinya yang memang rusak. Tapi, tabung gas bukan satu-satunya benda harian yang bisa meledak lho.

Ada banyak benda sehari-hari yang kita pakai bisa meledak begitu saja. Benda-benda tersebut nampak memang seperti benda biasa. Namun jika kamu tidak hati-hati dalam memakainya, maka siap-siap dengan akibatnya.

Berikut sederet benda harian yang MalangTODAY rangkum dari Intisari Grid:

Baca Juga  Bahaya, Tanki Kosong Meledak di Pom Bensin Mergan

1. Lampu

Lampu terutama bohlam bisa meledak kapanpun. Jika dasar bohlam tidak ditutup dengan sempurna oleh pabrik, dasar itu bisa meleleh. Hal itu membuat tekanan gas di dalam bohlam akan berubah dan berujung pada ledakan.

Ledakan juga bisa terjadi jika kamu baik sengaja maupun tidak menjatuhkan benda kecil yang satu ini. Jadi jika ingin membuangnya sebaiknya buanglah di tempat yang aman.

2. Hair spray

Penyimpanan yang tidak baik bisa menyebabkan hair spray seketika berubah menjadi bom. Bagi kamu terutama para wanita sebaiknya tidak meletakkan kaleng aerosol hair spray di bawah sinar matahari langsung.

Bahkan, produk kecantikan lainnya seperti perfum, deodoran juga dapat memicu ledakan. Mengingat barang-barang tersebut mengandung zat kimia yang sangat mudah terbakar.

3. Water heater

Sebaiknya suhu tangki mesin water heater yang kamu gunakan tidak terlalu panas atau tekanan terlalu tinggi. Hal itu akan menyebabkan saluran pengatur tekanan water heater bocor.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin mesin pemanas air dapat meledak. Sebaiknya, periksalah dulu pemanas air tersebut sebelum kamu menggunakannya. Pastikan bahwa baik air maupun panas yang dikeluarkan normal.

4. Smartphone

Bukan hal yang asing ditelinga kita mendengar kabar ponsel pintar meledak. Penyebabnya tidak lain karena sinyal kandungan dari baterai lithium di dalamnya.

Sinyal menghantarkan udara yang bisa jadi di dalamnya juga membawa senyawa yang mudah terbakar. Maka dari itu, stasiun bahan bakar melarang penggunaan ponsel pintar.

Sama juga dengan baterai lithium yang bertugas menyimpan energi. Kemudian, energi itu pelan-pelan dilepaskan untuk mengaktifkan ponsel. Jika bertemu dengan panas yang sangat kronis, bukan tidak mungkin ponsel kamu akan meledak sewaktu-waktu.

Baca Juga  Ledakan Gas Elpiji Luluh Lantakkan Warung Kelontong

5. Laptop

Sama seperti ponsel pintar, laptop juga merupakan barang elektronik yang berpotensi meledak. Bahkan potensi tersebut bisa jadi lebih besar. Mengingat, laptop dapat dengan mudah panas dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Jika tidak hal ini terjadi, maka konsultasikanlah terlebih dahulu cara penggunaan ke perusahaan atau toko terkait.

Intinya, semua akan baik-baik saja jika kita memang menggunakannya sejara bijak. Maka dari itu, waspadalah terhadap benda apapun yang kamu gunakan ya.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.