Ilustrasi sebuah motor yang dicuci @ liputan6

MALANGTODAY.NET – Memasuki musim penghujan, kondisi motor menjadi lebih riskan salah satunya bisa jadi lebih cepat kotor. Kalau dibiarkan, bodi beresiko kusam dan timbul karat pada komponen berbahan besi di motor.

Tidak jarang pengendara mencuci motornya sesaat setelah menerjang hujan ketika sudah sampai di lokasi tujuan. Bahkan hal tersebut sangat disarankan oleh mekanik.

BACA JUGA: Bukan Puti Guntur Soekarno, Ternyata Ini Kandidat Kuat Pengganti Risma

“Sebaiknya tentu langsung dicuci sehabis terkena hujan. Kalau tidak sempat, minimal bilas motor pakai air bersih,” buka Aldi Garibaldi dari Restomax Moto Detailing, di Cilandak, Jakarta Selatan dilansir laman otogrid.

Hal tersebut tentu untuk mencegah air hujan dan kotoran mengering di motor dan timbul bercak noda atau water spot yang sulit dibersihkan. Kamu juga tidak perlu kerja dua kali jika langsung membersihkan saat itu juga.

Namun yang perlu diingat bahwa mesin motor yang kita kendarai saat itu pasti masih dalam kondisi panas, terutama jika menempuh jarak cukup jauh. Tidak ada yang salah dengan mencuci motor dengan cara seperti disebutkan tadi. Namun yang perlu kamu ingat bahwa ada tahapan tersendiri jika ingin langsung mencucinya dalam keadaan mesin panas.

“Sebaiknya diamkan sejenak sekitar lima menitan agar suhunya menurun. Terutama buat motor besar yang memang lebih panas mesinnya,” ungkapnya.

Tujuannya agar komponen metal di mesin tidak mengalami thermal shock atau terjadi penyusutan material secara mendadak saat terkena air dingin. Dalam kondisi panas, biasanya mesin juga mengeluarkan uap panas sesaat setelah disiram air.

BACA JUGA: 5 Kisah Horor Legendaris Kampus ITB Bandung, Bayanginnya Aja Ogah!

Karena perbedaan temperatur, uap panas tersebut juga membuat timbunan embun pada panel indikator, reflektor lampu dan water spot di bodi. Makanya, sebaiknya biarkan dulu motor yang panas hingga kondisi mesinnya mendingin dan aman dicuci.

Lumayan juga kan Zens, sambil menunggu mesin agak dingin kamu bisa membuat satu cangkir kopi atau teh untuk menghangatkan diri. Sebelum akhirnya bisa melanjutkan cuci motornya.

Baca Juga  Mulai Besok, Harga Sepeda Motor Juga Ikut Naik

Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...