Raih Emas Asian Games 2018, Tak Ada Bonus Bagi Atlet dari 2 Negara Ini
Ilustrasi bonus bagi atlet @ Kupas Tuntas

MALANGTODAY.NET – Pada ajang Asian Games 2018 ini, pemerintah menggelontorkan bonus uang segar kepada para atlet yang berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. Tapi ternyata, dua negara lain di Asia ini tidak memberikan bonus apapun kepada para atletnya meskipun keluar sebagai juara.

Dua negara itu adalah Korea Selatan dan Jepang. Meskipun dikenal sebagai negara maju, nyatanya kedua negara tersebut enggan memberikan bonus berupa uang pada para atletnya yang berjaya menyumbang medali emas Asian Games 2018 kepada negara.

Di Indonesia, saat ada atlet yang berhasil membawa harum nama bangsa, biasanya berbagai kalangan dan kepentingan berlomba-lomba memberikan hadiah kepada atlet tersebut.

Baca Juga: Sudjiwo Tedjo Minta Najwa Shihab Rehat Jadi Jurnalis Karena Ini

Tak hanya hadiah, terkadang perhatian dan ekspos berlebih juga di-servis-kan pada atlet itu.

Korea Selatan
Raih Emas Asian Games 2018, Tak Ada Bonus Bagi Atlet dari 2 Negara Ini
Ilustrasi atlet Korea Selatan @ Kapanlagi

Hal berbeda ternyata diterapkan di negara Korea Selatan. Alih-alih memberi hadiah berupa uang atau barang bagi atletnya yang mengharumkan nama bangsa, negerinya para boyband dan girlband itu memberikan hadiah yang sangat unik.

Baca Juga: Pelecehan Seksual. Lisa Blackpink Gak Boleh, Jonatan Christie Boleh?

Hadiah yang diberikan pemerintah Korsel berupa pemotongan masa bakti wajib militer bagi atletnya yang sukses memenangkan medali di ajang perlombaan olahraga.

Seperti yang diketahui, di Korea Selatan memang  mewajibkan warga negaranya untuk mengikuti wajib militer. Entah momok atau apa, baik atlet maupun artis sepertinya sangat termotivasi untuk terhindar dari wajib militer ini.

Baca Juga: Cabor Pencak Silat Panen Emas, Politisi Ini Sebut Berkat Prabowo

Jepang
Raih Emas Asian Games 2018, Tak Ada Bonus Bagi Atlet dari 2 Negara Ini
Ilustrasi atlet Jepang @ IDN Times

Sementara di Jepang, tidak ada bonus atau hadiah apapun yang akan diterima oleh seorang atlet jika memenangkan medali. Bagi warga Jepang, membawa nama bangsa di ajang turnamen olahraga, baik skala Asia maupun dunia, adalah suatu tanggung jawab seorang warga negara terhadap bangsanya.

Baca Juga: Santai, Luis Milla Dipecat, Ini Ide Gila 3 Pelatih yang Siap Gantikan

Menurut atlet olahraga Jepang, dapat dipilih menjadi wakil negara saja sudah menjadi suatu kebanggaan sendiri dan tidak dapat digantikan oleh apapun.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...