Anak Muda Zaman Now, Cocok Banget Bikin 5 Usaha Ini
Ilustrasi pengusaha muda (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Semakin kesini, semakin banyak banget pengusaha muda atau entrepreneur yang muncul. Hal ini disebabkan adanya tren kerja baru yang lebih fleksibel.

Coba deh kamu lihat disekelilingmu, beberapa meter sedikit aja, udah ada cafe baru, coffee shop baru atau bahkan handy crafts shop.

Hal ini disebabkan adanya tren entrepreneur yang lagi jadi inceran banyak mahasiswa nih. Kalau kamu mau buka usaha dan masih bingung mau berjualan apa, MalangTODAY.net udah merangkum jenis-jenis usaha yang cocok banget buat anak muda zaman now!

Baca Juga: Masyarakat Apresiasi Pos Pelayanan Stasiun Kota Baru

1. Kuliner unik dan hemat

Anak Muda Zaman Now, Cocok Banget Bikin 5 Usaha Ini
Kuliner unik (Istimewa)

Usaha di bidang kuliner emang nggak ada matinya deh. Soalnya makanan adalah kebutuhan utama bagi semua orang. Tapi pastinya banyak pekerjaan rumah alias PR yang harus kamu kerjakan, untuk mempertahankan usaha kulinermu.

Pilihlah jenis makanan yang unik dan buatlah harganya menjadi ekonomis alias terjangkau bagi semua kalangan. Rasa dan harga menjadi jobdesk utama kamu kalau mau buka usaha kuliner.

2. Merchandise

Anak Muda Zaman Now, Cocok Banget Bikin 5 Usaha Ini
Merchandise (Istimewa)

Kalau kamu suka banget sama musik, kamu bisa berjualan merchandise, baik yang sudah langka atau yang masih baru.

Kamu bisa menjual merchandise official dari musisi zaman lawas seperti Rolling Stone, Metalica, Dream Theater, Westlife, No Doubt, sampai musisi saat ini seperti Maroon 5, Cardi B, Shawn Mendes, 5 Seconds of Summer dan masih banyak lagi.

Merchandise official yang bisa kamu jual juga beraneka ragam. Mulai dari vinyl, kaos, atau CD album mereka. Semakin langka merchandise yang kamu jual, harganya juga semakin tinggi.

Baca Juga: Komunitas MTM dan Polres Malang Bagi-bagi Takjil Gratis

3. Cafe dengan konsep tertentu

Anak Muda Zaman Now, Cocok Banget Bikin 5 Usaha Ini
Cafe unik (Istimewa)

Peringatan buat kamu yang mau buka usaha cafe. Jangan asal buka ya, konsep cafemu juga harus diperhatikan. Karena selain makanan, customer akan datang lagi ke cafe kita, kalau atmosfer dan konsepnya unik.

Hindari konsep yang terlalu glamor, kalau target customermu hanya anak kuliahan saja. Tapi hal ini menjadi nggak masalah kalau menu makanan yang dijual dan porsinya, sangat worth it dan terjangkau untuk customermu.

4. Reseller atau Dropshipper

Anak Muda Zaman Now, Cocok Banget Bikin 5 Usaha Ini
Reseller dan Dropshipper (Istimewa)

Eits, beda lho antara reseller sama dropshipper. Reseller itu membeli produk orang lain dengan jumlah banyak, dengan harga Reseller yang lebih murah. Lalu produk dipromosikan dan dijual kembali ke pasar dengan harga pasaran.

Reseller cocok untuk yang punya modal dan berani rugi, bisa patungan sama teman buat mulai usaha ini. Kelebihan menjadi reseller yaitu uang langsung ada ditangan.

Sedangkan Dropshipper tidak perlu memiliki modal produk, yang dibutuhkan Dropshipper hanya kuota internet dan alat komunikasi (Smartphone, Laptop dan Gadget lainnya).

Tingal main gadget dan jual produk orang lain dengan mempromosikan produk mereka di web jual beli, forum, sosial media yang kekinian, dan media lainnya. Ketika ada pesanan masuk, Dropshipper tinggal melanjutkan proses langsung pada supplier. Kalau udah tau perbedaannya, tinggal pilih deh mau yang mana sesuai keadaanmu saat ini.

Baca Juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk Daftar Lewat 5 Beasiswa Ini!

5. Freelancer (Penulis, Fotografer atau Desain Grafis)

Tahun 2018 ini, profesi freelancer udah nggak dipandang sebelah mata lagi. Karena nyatanya, freelancer lebih menjanjikan banyak uang daripada bekerja di suatu perusahaan.

Freelancer pun bisa dilakukan untuk berbagai macam profesi, seperti penulis, penerjemah bahasa, fotografer, sampai desain grafis.

Selain itu, ada juga aplikasi pendukung untuk para freelancer. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan dari klien orang luar negeri. Terus upahnya pun dibayar menggunakan dolar. Keren kan?

Anak Muda Zaman Now, Cocok Banget Bikin 5 Usaha Ini
Freelancer (Istimewa)

Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri