Neil Armstrong @dazzlingnews.com

MALANGTODAY.NET – Tanggal 20 Juli selalu diperingati sebagai hari dimana Neil Armstrong bersama awak Apollo 11 lainnya menjadi manusia pertama yang mendaratkan diri di bulan.

Kita semua tahu tentang perjalanan Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan astronot ketiga yang kadang terlupakan, Michael Collins. Menurut sejarah, Armstrong dan Aldrin adalah astronot pertama yang berhasil mendaratkan Lunar Module (LM) Eagle di bulan pada tahun 1969.

Kita telah melihat gambar-gambar dan rekaman-rekaman suara tentang pendaratan manusia pertama di bulan itu. Namun, ternyata memang ada beberapa fakta aneh yang dipertentangkan oleh banyak pihak hingga menyatakan misi NASA ke bulan tersebut hanyalah hoax semata.

Gagasan bahwa misi Apollo ke bulan adalah hoax bisa dengan mudah ditemui dalam bentuk buku, dokumenter DVD, dan banyak situs web. Gagasan ini mengklaim bahwa mustahil pada saat itu NASA mengirim kru ke bulan sehingga harus memalsukannya.

Baca Juga: Kylian Mbappe Sumbangkan Bonus Piala Dunia Sebesar 7 Milyar ke Lembaga Amal

Teori konspirasi ini sangat populer, tetapi tidak ada satupun astronom atau ilmuwan luar angkasa yang pernah memandang hal ini secara serius.

Berikut adalah beberapa sangsi paling umum yang menyatakan bahwa misi Apollo 11 adalah hoax.

  1. Bendera Berkibar
Bendera berkibar @gizmocrazed

Saat pendaratan pertama kali di bulan disiarkan langsung di televisi, sudah jelas bagaimana bendera Amerika tampak melambai dan berkibar ketika dua astronot, Buzz Aldrin dan Neil Armstrong menancapkannya.

Sekilas hal tersebut tampak tidak ada yang aneh dan biasa saja. Namun, ketika kita ingat bahwa tidak ada udara dan angin di atmosfer bulan, bendera yang berkibar itu jelas menyuguhkan kejanggalan.

Baca Juga: Anggun dan Sporty, Ini 5 Fakta Tentang Vokalis Baru Band Geisha

  1. Terlalu Banyak Sumber Cahaya
Bayangan yang mengarah berbeda @gizmocrazed.com

Bulan hanya memiliki satu sumber cahaya yang kuat, dan itu adalah matahari. Sesuai logika dasar, seharusnya semua bayangan dalam video atau foto pendaratan di bulan berada sejajar satu sama lain.

Namun hal tersebut tidak terjadi pada footage foto-foto dan video yang katanya diabadikan oleh manusia yang menginjakkan kaki di bulan pertama kali itu. Dari foto-foto yang diabadikan, bayangan jatuh ke arah yang berbeda menunjukkan bahwa mungkin ada banyak sumber cahaya pada saat pengambilan gambar.

  1. Berjalan Pelan dan Kabel Tersembunyi
Mungkin saja misi Apollo 11 hanya di lakukan di salah satu rumah produksi film di Bumi @gizmocrazed.com

Klaim lain yang menunjukkan pendaratan di bulan tak lebih dari sekedar hoax adalah gaya berjalan pelan akibat kondisi gravitasi rendah bulan yang dilakukan oleh astronot terkesan terlalu dibuat-buat.

Jika Anda dapat mengakses cuplikan video saat para astronot itu berjalan di bulan, coba tingkatkan kecepatan video hingga 2,5x. Di situ Anda akan menyaksikan bahawa para astronot tampak bergerak dengan kecepatan normal seperti sedang di Bumi. Kesan lompatan tinggi yang bisa dilakukan oleh para astronot menurut para kritikus tak lain berkat bantuan kabel yang dikaitkan secara tersembunyi.

Baca Juga: Kembali ke Malang, Api Abadi Obor Asian Games Disambut Gegap Gempita

  1. Benda Aneh yang Tidak Teridentifikasi
Bentuk benda yang tidak teridentifikasi @gizmocrazed.com

Seperti yang terlihat pada foto di atas dari misi Apollo 11, para penggagas teori konspirasi misi ini dengan cepat menemukan objek misterius dalam pantulan helm astronot.

Pantulan di helm itu sekilas seperti lampu yang biasa ada di studio-studio film. Namun, karena kualitas foto yang sangat buruk, sulit untuk mengatakan spekulasi itu benar atau tidak.

  1. Batu berinisial ‘C’
Batu dengan inisial ‘C’ @gizmocrazed.com

Foto batu ‘C’, batu yang memiliki inisial ‘C’ di atasnya, adalah salah satu foto yang lebih terkenal dari pendaratan manusia pertama kali di bulan itu sendiri.

Baca Juga: Iwan Budianto: Putaran Kedua, Dana Unlimited Untuk Arema Belanja Pemain

Karena inisial huruf itu terukir di bagian batu yang sangat simetris, banyak ahli teori konspirasi percaya bahwa batu itu mustahil merupakan produk dari beberapa fenomena alam. Bukan tidak mungkin bahwa batu itu adalah properti set yang ditandai dengan inisial ‘C’ supaya tidak tertukar dengan batu properti set yang lain.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...