Ilustrasi kesuksesan Jepang @ Maxmanroe

MALANGTODAY.NET – Negeri Sakura alias Jepang merupakan negara maju dan adidaya di kawasan Asia. Di segala bidang, baik negara maupun orang Jepang masih unggul di segala bidang dibandingkan negara di kawasan negara Asia lainnya.

Hal tersebut tak terlepas dari karakter disiplin dan pekerja keras orang Jepang. Kendati menjadi negara yang kalah di perang dunia kedua puluhan tahun silam, Negeri Sakura mampu bangkit kembali dan membuktikan kekuatannya pada dunia.

Prinsip-prinsip yang dianut oleh orang Jepang menjadi kunci keberhasilan Jepang sebagai negara maju. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 prinsip warga Jepang yang sangat perlu ditiru oleh orang Indonesia.

Sopan dan Selalu Memikirkan Kebutuhan Orang Lain Terlebih Dahulu
Budaya ojigi @ Kapanlagi

Baca Juga: Setelah Ponsel Pintar dan Jam Pintar, Kini Ada Pakaian Pintar, Lho Kok?!

Hampir mirip dengan di Jawa, Jepang memiliki tradisi membungkukkan badan, Ojigi. Bahkan saat sedang melakukan komunikasi via telepon, masyarakat Jepang masih terbiasa membungkukkan badan walaupun lawan bicaranya tak ada secara langsung.

Selain itu di Jepang juga ada tradisi Aisatsu. Aisatsu adalah suatu budaya untuk selalu berkenalan, mengatakan permisi, dan meminta maaf.

Disiplin
Orang Jepang jarang terlambat @ IDN Times

Kedisiplinan masyarakat Jepang tak perlu diragukan lagi. Di sana tidak ada yang namanya istilah jam karet. Orang Jepang selalu datang tepat waktu ketika bekerja, sekolah, atau sekedar nongkrong-nongkrong. Terlambat akan membuatmu terlihat sangat malu di sana.

Pekerja Keras
Rock Lee, ilustrasi keuletan masyarakat Jepang @ Duniaku

Bagi masyarakat Jepang, pulang cepat dirasa memalukan karena pegawai tersebut dianggap ‘tidak dibutuhkan’ oleh perusahaan. Selain itu, dibandingkan negara lainnya Jepang memiliki jam kerja yang paling tinggi yaitu 2450 jam/tahun. Hal ini tentu jauh berbeda dengan Amerika yang memiliki 1957 jam/tahun, Inggris 1911 jam/tahun, dan Jerman 1870 jam/tahun.

Baca Juga: Akhirnya Bersuara, Jawaban Roy Suryo Terkait Aset Negara Bikin Panas

Kerja Sama
Timnas sepak bola Jepang di Piala Dunia 2018 (Istimewa)

Selain disiplin dan pekerja keras, masyarakat Jepang juga memiliki kultur kerja sama yang erat. Apabila kamu berkesempatan menyaksikan kiprah timnas sepak bola Jepang di Piala Dunia 2018 silam, berarti kamu telah menyaksikan sendiri bagaimana kultur kerja sama Jepang membuat negara ini diakui oleh dunia.

Berkualitas
Orang Jepang berkualitas @ Grid

Tidak hanya soft skill saja, Jepang juga dikenal dengan sumber daya manusia berkualitas yang melimpah. Hal ini yang juga menjadikan Jepang adalah salah satu negara terdepan di bidang industri dan teknologi.

Baca Juga: Dulu Dinikahi Umur 12 Tahun, Begini Penampilan Istri Syekh Puji Kini

Shokunin merupakan sebuah istilah di Jepang yang berarti master of master, atau ahli dari segala ahli.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...