5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat
Menu sahur dan berbuka (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Pagi-pagi gini paling enak makan sarapan sambil baca MalangTODAY ya? Sarapan memang penting ya Zens, untuk menambah stamina sebelum memulai rutinitas. Tapi jangan sembarang makanan dijadikan sarapan ya. Berikut ini ada lima makanan yang nggak baik dikonsumsi saat sarapan.

1. Nasi Goreng

Bagi penggemar nasi goreng harap berhati-hati, ya. Mengonsumsi makanan ini pada saat sarapan ternyata tidak baik loh untuk kesehatan. Kadar karbohidrat yang tinggi dalah nasi ternyata bisa membuat kita mengantuk karena lambung bekerja lebih keras mencerna nasi.

5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat
nasi goreng dengan mentimun (globaltableadventure.com)

Baca Juga: Bahaya Makan Nasi Putih, Bisa Bikin Diabetes Juga, Lho!

Selain itu, kadar lemak yang meningkat dari proses penggorengannya juga bisa menyebabkan obesitas dan kadar kolesterol naik. Apalagi kalau ditambah sosis atau daging olahan lainnya.

Mengonsumsi nasi goreng saat sarapan ternyata juga bisa meningkatkan resiko terserang iritasi lambung loh. Makanan sejuta umat ini ternyata bisa membuat lapisan pelindung lambung menipis, apalagi kalau rasanya pedas.

2. Buah Pisang

Para perempuan yang sedang menjalani program diet tentu sering sarapan dengan buah berwarna kuning kaya magnesium ini. Pisang memang sering dijadikan pilihan menu sarapan karena sangat mudah didapatkan dan tak perlu mengolahnya untuk dikonsumsi. Selain kadar asam yang rendah juga membuatnya lebih nyaman dikonsumsi bagi lambung dari pada buah-buahan lainnya.

5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat
Pisang (Istimewa)

Namun, kadar magnesium yang tinggi ini ternyata adalah sumber masalah utama. Mengonsumsi pisang dengan perut dalam kondisi kosong ternyta dapat meningkatkan kadar magnesium dalam darah secara drasti. Dan hal itu dapat berdampak buruk pada jantung.

Baca Juga: Gagal Gaya! Jajal Moge Milik Dishub, Anies Baswedan Malah Jatuh

3. Donat atau Muffin

Siapa yang tak tergoda dengan donat dan muffin yang disajikan hangat untuk sarapan? Rasa manis dan gurihnya pasti sudah terbayang. Tapi ternyata mengonsumsi dua makanan ini di pagi hari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan membuat kita lebih cepat merasa lapar.

5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat
Donat (Istimewa)

4. Telur Setengah Matang

Kalau yang ini sih nggak cuma buat sarapan ya Zens. Rasanya mau di makan kapan saja bakal tetap teras nikmat. Tapi, di balik nikmatnya telur setengah matang ternyata ada banyak bahaya mengancam loh. Telur yang tidak dipanaskan dengan benar ternyata memiliki kemungkinan mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan tifus.

Baca Juga  Buang Jauh Depresi dan Kesedihanmu dengan Lakukan Ini
5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat
Kuning telur (Istimewa)

Telur setengah matang ternyata juga bisa menyebabkan gatal-gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Zat melamin atau melanin juga ditemukan dalam telur setangah mantang ini. Biasanya zat tersebut datang dari makanan yang dikonsumsi oleh ayam petelur. Dan jika telurnya tidak dimasak dengan benar, zat melanin ini akan ikut masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga: Seorang Janda dan Ketiga Temannya Dibekuk, Ini Masalahnya!

5. Susu

5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat
Susu (Istimewa)

Minuman ini juga menjadi favorit semua orang sebagai menu sarapan. Penyajiannya yang mudah serta rasa kenyang yang bisa didapatkan secara instan membuat susu menjadi minuman kesukaan banyak orang di pagi hari. Namun minum susu di pagi hari ternyata tidak begitu baik loh. Walaupun tidak menimbulkan efek kesehatan yang serius, mengonsumsi susu dengan perut kosong ternyata bisa membuat khasiat susu hilang dan kita jadi lebih cepat lapar.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...