Seperti Kiamat Kecil, Ini 5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia
Ilustrasi Ring of fire Indonesia @ Pemburu Ombak

MALANGTODAY.NET – Pada hari Minggu (5/8), Indonesia kembali berduka atas bencana alam gempa bumi yang lagi-lagi terjadi. Kali ini, kawasan Lombok dan sekitarnya terkena dampak dari gempa berkekuatan 7 SR tersebut. BMKG bahkan sempat merilis bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami.

Indonesia memang berada di lokasi Cincin Api Pasifik (Ring Of Fire). Karena hal itu, Indonesia harus berhadapan dengan resiko letusan gunung berapi, gempa bumi, banjir dan tsunami yang cukup sering.

Baca Juga: Siaran Terbaru: Korban Gempa Lombok Terus Bertambah

Menurut BMKG, Indonesia memiliki rata-rata alami gempa bumi satu kali setiap hari. Tak cuma sekali Indonesia harus mengalami bencana nasional akibat gempa bumi dan tsunami dahsyat yang harus meninggalkan duka mendalam bagi republik ini.

Berikut 5 gempa bumi terdahsyat yang pernah dialami Indonesia.

  1. Gempa Bumi Lombok
Seperti Kiamat Kecil, Ini 5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia
Akibat gempa bumi di Lombok @ Tempo

Baru-baru ini terjadi, Minggu, 5 Agustus 2018, gempa bumi di Lombok meluluhlantahkan kawasan Lombok Utara dan sekitarnya. Gempa bumi dengan kekuatan 7 SR tersebut hingga berita ini diunggah telah menelan hampir seratus korban jiwa.

Baca Juga: Lihat dari Sisi Berbeda, Inilah 5 Prestasi Prabowo Subiyanto

Senin, 6 Agustus 2018, beberapa daerah terdampak lainnya bahkan belum bisa dijangkau oleh Tim SAR yang dipimipin oleh Basarnas. Korban diperkirakan masih akan terus bertambah.

  1. Gempa Bumi Kepulauan Mentawai
Seperti Kiamat Kecil, Ini 5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia
Akibat gempa bumi di Kepulauan Mentawai @ RMOL Sumsel

Kepulauan Mentawai juga pernah mengalami musibah bencana alam gempa bumi pada tanggal 12 September 2007. Saat itu, gempa yang pusat gempanya berada di 105 km lepas pantai Sumatera memiliki kekuatan 8,5 SR.

Sebanyak 23 orang harus meregang nyawa akibat gempa ini. Setidaknya 300 rumah juga hancur digoncang gempa tektonik.

  1. Gempa Bumi Lepas Pantai Barat Sumatera
Seperti Kiamat Kecil, Ini 5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia
Ilustrasi tsunami @ Kontan

Dahulu kala, tepatnya pada tanggal 25 November 1833, ternyata Indonesia juga pernah merasakan duka mendalam akibat bencana alam. Lokasinya di lepas pantai barat Sumatera

Baca Juga: 5 Artis Indonesia Yang Terlibat Kasus Asusila, Ada Yang Videonya Tersebar!

Bahkan pada saat itu, kawasan barat Sumatera harus diguncang gempa berkekuatan 9,2 SR. Dilansir dari baranews.co, gempa masa lalu ini juga disusul dengan tsunami yang sangat dahsyat. Sebuah catatan menyebut pada saat itu pesisir Sumatera dari Pariaman hingga Bengkulu habis diterjang ombak.

  1. Gempa Bumi Aceh
Seperti Kiamat Kecil, Ini 5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia
Akibat gempa bumi dan tsunami di Aceh @ Indo Warta

Masih lekat di ingatan kita duka republik akibat bencana alam gempa bumi yang disusul tsunami 14 tahun silam. Gempa dan tsunami maha dahsyat berkekuatan 9,3 SR tersebut meratakan Serambi Mekah dengan tanah dan puing-puing bangunan.

Bencana alam ini menjadi histori paling menyedihkan dalam sejarah Indonesia. Setidaknya, catatan korban jiwa akibat gempa bumi dan tsunami ini tertulis angka 131.028 orang. Sementara 37.000 korban dinyatakan hilang sekaligus hancurnya lebih dari 500.000 rumah.

Baca Juga: Tasya Kamila Menikah, Begini Kabar 5 Mantan Artis Cilik Lain

  1. Gempa Bumi Jogjakarta
Seperti Kiamat Kecil, Ini 5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia
Kondisi Candi Prambanan pasca gempa bumi tahun 2006 @ Geomagz

Pulau Jawa juga pernah mengalami gempa bumi dahsyat. Tepatnya pada bulan Mei 2006, gempa bumi tektonik berkekuatan 5.9 SR mengguncang Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Akibat gempa ini, tercatat 6.234 korban tewas. Tak hanya korban jiwa, gempa Jogja ini juga merusak beberapa situs kuno dan lokasi wisata. Candi Prambanan merupakan salah satu situs sejarah yang mengalami kerusakan cukup parah terdampak gempa ini. Selain itu, kawasan Makam Imogiri dan salah satu bangsal di Kraton Jogjakarta juga ikut rusak.

Baca Juga: Wow! 4 Klub Indonesia Masuk Buku Sejarah 1000 Klub Dunia, Ada Arema?

Bencana alam memang kerap meninggalkan duka yang mendalam bagi perjalanan historis bangsa ini. Mari bersama-sama mendoakan dan memberikan dukungan sekaligus memiliki antisapi bagi saudara-saudara kita yang saat ini sedang menderita akibat bencana alam.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika