Gak Kayak Via Vallen, 5 Band Ini Bikin Malu Pemilik Acara Tolak Lip Sync
Ilustrasi lip sync oleh Katy Perry (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Fenomena lip sync memang kerap terjadi di industri hiburan musik. Beragam alasan digunakan untuk melegitimasi tindakan ‘akting’ menyanyi itu. Di Indonesia sendiri fenomena penyanyi lip sync bukan lah hal yang baru.

Tak sedikit musisi-musisi, mulai dari kelas lokal hingga internasional merasa tidak masalah untuk melakukan konsep lip sync ini. Namun, ada juga beberapa musisi yang menolak untuk tampil secara ‘palsu’.

Apabila memang benar-benar terpaksa harus tampil dengan tidak menampilkan performa live, ada juga musisi yang kesal dan balik mengerjai program acara yang mengundang mereka untuk tampil.

Baca Juga: Selamat Hari Maritim Nasional! Ini Suku Tangguh di Lautan Nusantara

Seperti apa sih keusilan para musisi yang menolak untuk lip sync ini?

  1. Nirvana

Nirvana memang populer dengan citra band yang urakan dan beringas di atas panggung. Tampil di salah satu acara tv, Kurt Cobain, Dave Grohl, dan Krist Novoselic diminta untuk membawakan anthem mereka Smells Like Teen Spirit.

Sebenarnya mereka hanya diminta untuk tampil dengan playback. Playback hanya memutar lagu ketika pemain musik bersandiwara di atas panggung seolah-olah mereka membawakan lagu secara live. Bedanya dengan lip sync, pada metode playback sang vokalis masih diberi kesempatan untuk bernyanyi secara langsung. Hemat kata, sang vokalis diminta berkaraoke atas lagunya sendiri.

Baca Juga: Jepang di Asian Games: Mulai Prostitusi Hingga Punguti Puntung Rokok

Kurt Cobain yang kesal akhirnya menyanyikan Smells Like Teen Spirit sebagai lelucon. Bukannya menyanyi seperti biasa, ia malah melantunkan nada-nada dengan suara yang aneh.

  1. Iron Maiden

Band metal legendaris yang baru-baru ini tampil di Indonesia, Iron Maiden ternyata juga pernah membuat malu pemilik acara karena diminta untuk tampil lip sync.

Ngegig di salah satu stasiun tv di Jerman, Iron Maiden yang diminta ‘bersandiwara’ di atas panggung malah sekalian menampilkan pertunjukan yang diluar ekspektasi.

Saat tampil, dengan sengaja para personil Iron Maiden bersenda gurau dan seperti tidak serius tampil di acara itu. Bahkan lucunya, para personil Iron Maiden juga bertukar-tukar formasi dan instrumen sepanjang lagu.

Baca Juga: Intip Deretan Pasar Jodoh di Dunia yang Wajib Dikunjungi Para Jomblo

  1. Muse

Tampil di acara tv, Muse pernah juga mengerjai si pemilik acara yang mengundang band mereka. Membawakan tembang Hysteria, Muse tidak diperkenankan membawakan lagu ini secara langsung.

Awalnya Matt Bellamy dan kawan-kawan tampak berakting sungguhan seolah-olah mereka memainkan lagu secara live. Mungkin karena lama-kelamaan jengah juga, menjelang akhir lagu Matt Bellamy malah berlarian kesana kemari tanpa memainkan gitar. Padahal, lagu masih berputar dan suara gitar masih ada.

  1. Radiohead

Senada dengan band-band lain yang tak sesuai dengan konsep Lip Sync, Radiohead juga pernah melakukan aksi liar ketika bandnya diminta teatrikal di atas panggung.

Baca Juga: Baru Via Vallen Aja Heboh, Tiga Legenda Dunia Ini Juga Pernah Lip Sync

Membawakan lagu Just, para personil Radiohead terlihat bercanda satu sama lain dan senyum-senyum sendiri. Bahkan mereka seperti melebih-lebihkan penampilan mereka agar terlihat sungguh-sungguh dengan gaya yang sangat lebay.

  1. Public Image LTD

Band lawas Public Image LTD juga pernah melakukannya saat diminta tampil di salah satu program acara televisi. Sepanjang lagu, vokalis Public Image LTD yang kesal tidak menghiraukan mikrofonnya sama sekali.

Vokalis P.I.L malah asyik turun panggung untuk bergabung berjoget dengan para penonton. Ia kemudian mengajak salah seorang penonton cantik untuk ikut naik ke panggung dan berjoget-joget bersama.


Penulis : Swara Mardika
Editor    : Swara Mardika

Loading...