4 Jurnalis Ini Tewas Secara Tragis Saat Bertugas, Ada yang Dipenggal!
Jurnaslitik @Tirto

MALANGTODAY.NET – Menjadi seorang wartawan atau jurnalis memang harus mempersiapkan mental untuk menhadapi berbgai peristiwa. Tak jarang mereka harus terlibat dengan kejadian-kejadian yang berbahaya. Melansir Liputan6.com, berikut ini empat jurnalis yang tewas secara tragis saat sedang bertugas.

Alison Parker dan Adam Ward

4 Jurnalis Ini Tewas Secara Tragis Saat Bertugas, Ada yang Dipenggal!
Alison Parker dan Aam Ward @Wikipedia

Dua jurnalis asal Amerika Serikat ini harus meningal saat melaporkan siaran live di Kamar Dagang Industri Wilayah Smith Mountain Lake pada 26 Agustus 2015 lalu. Parker dan juru kameranya, Ward tewas setelah dihujani tembakan oleh seorang mantan karyawan di tempat mereka bekerja.

Baca Juga: Ini Pernyataan Sikap PWI Malang atas Penganiayaan Wartawan di Jember

Vester Lee Flanagan II adalah mantan karyawan ABC News yang berhenti bekerja sebulan sebelum kejadian tersebut. Flanagan merasa sakit hati karena isu perilaku rasisme yang ia terima selama bekerja di sana. Melalui 23 lembar dokumen yang ia kirimkan pada ABC News, penembakan itu ia setelah terinspirasi pada beberapa penyerangan yang disebabkan oleh isu rasisme.

James Foley

4 Jurnalis Ini Tewas Secara Tragis Saat Bertugas, Ada yang Dipenggal!
James Foley @The Independent

Jurnalis yang juga berasal dari Amerika Serikat ini adalah salah satu orang yang disandera dan akhirnya dibunuh oleh ISIS. Video yang menunjukkan pemenggalan James Foley sempat ramai beredar pada tahun 2014 lalu. ISIS mengkalim telah menangkap Foley di Suriah pada tahun 2002 lalu.

Pesan terakhir dari sang jurnalis untuk keluarganya kemudian beresar luas di dunia maya setlah diunggah oleh akun facebook ‘Free James Foley’ pada Minggu, 24 Agustus 2014 lalu.

Baca Juga: Inilah 7 Tempat Makan Murah dengan Porsi Melimpah di Sekitar UB

Kenji Goto

4 Jurnalis Ini Tewas Secara Tragis Saat Bertugas, Ada yang Dipenggal!
Kenji Goto @The Japan Times

Sama halnya dengan Foley, Kenji Goto, seorang jurnalis asal Jepang ini juga tewas setelah dipenggal oleh algojo ISIS. Sebuah video yang menunjukkan pemenggalan Kenji beredar pada 31 Januari 2015 lalu. Kenji ditahan hingga akhirnya dihabisi lantaran mencoba menyelamatkan warga lain yang menjadi sandera organisasi ekstrimis ini.

Di tahun yang sama, saat berita kematiannya menggemparkan dunia, sebuah pesan dari dirinya beredar luas di twitter. Pesan tersebut berisi tentang rasa toleransi nya terhadap warga Timur Tengah. Pesan tersebut membuat banyak orang semakin trenyuh dengan kisah hidupnya yang dinilai heroik.

Baca Juga: Semarak HUT Kemerdekaan RI, Pemkot Malang Adakan Lomba PBB

Yara Abbas

4 Jurnalis Ini Tewas Secara Tragis Saat Bertugas, Ada yang Dipenggal!
Yara Abbas @Mideast Shuffle

Yara merupakan salah satu dari 150 wartawan yang tewas sejak pertempuran pemerintah dan oposisi Suriah dimulai 2011 lalu. Ia tewas sertelah tertembak sniper di dekat bandara Dabaa, Al-Qussair Utara.

Kejadian tersebut bermula ketika yara dan juru kameranya hendak menuju Ibukota Damaskus dari Kota Al-Qussair. Ditngah jalan tiba-tiba sekelompok pemberontak menyergap mobil mereka. Merekapun tewas terbunuh.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...