Dadang Mulya, model bungkus rokok @makassarterkini.id

MALANGTODAY.NET – Para perokok Indonesia tentu familiar dengan foto seorang laki-laki tengah nikmat merokok padahal sedang menggendong anak bayi. Baru-baru ini, seseorang bernama Dadang Mulya mengaku bahwa dirinya adalah model dari iklan layanan masyarakat yang terpajang di bungkus-bungkus rokok selama 6 tahun terakhir tersebut.

Mirisnya, meskipun sudah menjadi model bungkus rokok cukup lama, ternyata Dadang belum pernah sekalipun menerima honor (royalti) atas fotonya yang dipajang tersebut. Dadang Mulya yang belakangan baru saja menagih royalti setelah sekian lama tak ayal langsung jadi viral di masyarakat dan media sosial.

Baca Juga: Miris! Model Bungkus Rokok Ini Ternyata Tak Terima Royalti

Yuk simak empat fakta menarik dari Dadang Mulya berikut ini.

  1. Asli Jawa Barat

Dilansir dari Detik.com, pria yang memiliki identitas diri dengan nama Dadang Mulya (42) merupakan warga Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Dadang Mulya tercatat sebagai seorang warga negara Indonesia yang sah sebagai warga Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa barat.

  1. Dadang Difoto Candid pada Tahun 2012

Dadang mengaku bahwa potret dirinya itu diambil pada tahun 2012; sekitar 6 tahun yang lalu. Dadang sempat kaget mengetahui foto dirinya telah beredar untuk waktu yang cukup lama. Ia juga merasa tak pernah memberi persetujuan pada siapapun atas foto dirinya itu untuk digunakan sebagai konsumsi publik.

“Enam tahun lalu, saya pernah difoto sama orang saat menonton bola di lapangan bola Desa Pancalang. Saat itu saya sedang menggendong anak saya, sambil rokok,” kisah Dadang.

Baca Juga: Bukan Imam Samudera, Ternyata Ini Sosok Jenazah yang Masih Utuh Itu

Dadang menceritakan awalnya sebuah mobil melintas dan berhenti di depannya. Sekitar 10 menit setelah berhenti, dikatakan Dadang, salah seorang keluar dari mobil dan memotretnya.

Pasca kejadian itu, ia bercerita pada istrinya. Namun istrinya menanggapinya dengan santai seolah berpikir bahwa hal tersebut tidaklah masalah.

  1. Baru Menuntut Setelah 6 Tahun

Sejak pertama kali mengetahui bahwa potret dirinya digunakan pada produk komersil, awalnya Dadang Mulya sudah gusar dan kaget.

Sayangnya, karena kurang mengerti hukum, Dadang bingung harus mengadukan masalah ini kemana. Sial baginya karena setiap kali curhat tentang masalah ini kepada kerabat, tidak satupun ada yang percaya dengan cerita Dadang.

Beruntung karena akhirnya ada satu sahabat Dadang yang percaya dengan kisah ini. Sahabat Dadang tersebut lantas mengarahkan Dadang untuk melaporkan kejadian ini ke badan hukum.

Baca Juga: Dihantam Gelombang Tinggi, Jembatan di Pantai Balekambang Ambrol

“Tahun-tahun sebelumnya, pernah cerita ke kepala dusun dan orang-orang kampung, tapi dicuekin. Minggu kemarin cerita ke sahabat saya, terus diarahin ke sana (BPSK),” ucap ucap Dadang kepada Detik.com saat ditemui di Padepokan Anti Galau milik Ustaz Ujang Bustomi di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (24/7).

  1. Siap Buktikan Bahwa Foto di Bungkus Rokok Memang Dirinya

Kendati foto dirinya tersebut sudah dipotret sejak 6 tahun yang lalu, namun Dadang Mulya menyatakan siap membuktikan kepada pemerintah bahwa pria di dalam foto tersebut memang benar dirinya.

Dadang juga siap membeberkan bukti-bukti yang akan menguatkan klaimnya.

Menurut Dadang bukti-bukti seperti pakaian yang dikenakan saat Dadang difoto waktu itu juga masih ada.

Baca Juga: Dokumen AS Sebut Prabowo Beri Perintah Culik Aktivis 98 Dibantah Gerindra

“Ya baju, foto anak, terus bentuk muka juga. Ada bukti-buktinya,” tegas Dadang Mulya dikutip dari Detik.com.

Wah, kalau klaimnya berhasil, pria yang saat ini bekerja serabutan tersebut bisa kaya mendadak, nih.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...