Dollar Terus Menggila, 8 Barang Ini Harganya Akan Meroket
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar @ Redaksi Indonesia

MALANGTODAY.NET – Hari ini, Rabu (5/9), nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika terus melemah. Hingga berita ini dinaikkan, nilai tukar dollar mencapai Rp 14,994,85 per $1.

Kenaikan dollar ini menyebabkan terjadinya kenaikan beberapa harga barang. Menurut Ketua Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey menyatakan bahwa kenaikan harga barang akan terjadi jika nilai tukar rupiah terhadap dollar terus-terusan melemah.

Baca Juga: Langka, Kumpulan Momen Fahri Hamzah – Fadli Zon Puji Jokowi!

Meskipun demikian, Roy mengatakan kenaikan harga barang belum akan terjadi saat ini. Pasalnya, mayoritas barang ritel saat ini merupakan produk domestik.

Hal itu juga dilihat Roy berdasarkan kebijakan produsen. Ketika produsen belum menaikkan harga, kenaikan harga belum akan terjadi.

Baca Juga: Diminta Kembalikan Aset Negara, Apa Saja Yang ‘Diembat’ Roy Suryo?

“Saat ini produsen masih menggunakan stok barang 3-4 bulan lalu. Selagi produsen tidak menaikkan harga, kami tidak akan menaikkan harga,” kata Roy seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut Roy menjelaskan bahwa kenaikan harga barang baru akan terjadi di semester 2. Pada saat itu, mayoritas pemilik ritel akan memperbarui harga barang untuk menyesuikan dampak melemahnya nilai tukar rupiah.

Baca Juga: Gercep! Keluar Penjara, Ahok Akan Menikah dengan Polwan Pengawal Mantan Istrinya

“Saat ini sebagian besar peritel itu produknya lokal sesuai aturan Menteri Perdagangan sekitar 80 persen, maksimal produk impor hanya 20 persen. Kecuali peritel yang single brand store ataustand alone brand store,” jelas Roy lebih lanjut.

Ini dia deretan barang yang akan naik apabila rupiah terus melemah.
  1. Beras
  2. Gula Pasir
  3. Daging Sapi
  4. Mentega dan Susu
  5. Kosmetik
  6. Obat
  7. Telepon Genggam (Smartphone)
  8. Perangkat dan Peralatan Elektronik

Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...