Bungkus pendapat warga malang tentang bully @ MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Beberapa hari yang lalu tim redaksi MalangTODAY.net berksempatan untuk jalan-jalan ke beberapa lingkungan pendidikan di Kota Malang. Sambil refreshing, kita juga ngobrol bareng temen-temen terkait soal bullying lho.

Ternyata, kesadaran tentang fenomena bullying memang sudah umum. Rata-rata dari ZensTODAY yang kita ajak ngobrol sudah tau kok seputar apa itu bullying. Eh, ternyata semua juga pernah lho merasakan bullying.

Baca Juga: Bukan Pelecehan Biasa, Perempuan Harus Berani Hadapi Catcalling

Ragam model bullying yang mereka terima pun bermacam-macam. Mulai dari ejekan, body shamming, cyber bullying, bahkan ada juga yang sampai mengarah ke ranah rasis.

Warga Malang generasi milenial pun kini semakin sadar tentang apa itu cyber bully. Kolom komentar di media sosial dirasa menjadi satu fitur digital yang memperbesar kemungkinan cyber bully itu terjadi.

Curhatan ZensTODAY

Kata Salsabila, Siswi SMKN 2 Malang katakan bahwa meskipun dilakukan tidak secara langsung, namun cyber bully tetaplah hal negatif karena masih bisa menyakit perasaan orang lain.

“Itu perbuatan yang gak baik ya, merugikan orang banyak dan menyakit perasaan orang lain,” curhat Salsabila.

Kalau kata Rian, salah satu Mahasiswa Universitas Negeri Malang, mengatakan kalau selama niatnya bercanda, bullying itu masih oke-oke saja dan dapat meningkatkan pertemanan. Tapi kalau kelewatan ya bisa bikin kesel juga.

Baca Juga: Gak Mesti Buruk, Ini Sisi Baik Bully Menurut Komunitas KOPKI Malang

Beda sama Rian, Aura Mila lebih memilih untuk melawan balik jika menjadi korban bullying.

“Kalau dari aku sendiri, aku melawan. Karena aku gak suka di-bully, aku gak suka ditindas, karena aku tau i dont deserve it, aku deserve something better,” kata mahasiswa Universitas Brawijaya berparas cantik ini.

Baca Juga: Cegah Bullying, Orang Tua Harus Jadi Garda Terdepan!

Lebih lanjut, Aura Mila membagikan tipsnya agar kita dapat terhindar sebagai korban bullying. Instrospeksi diri dan berkembang agar lebih percaya diri bisa menjadi salah satu cara supaya kita bisa terhindar dari problematika bullying itu.

Baca Juga  Masyarakat Berkuasa atas Pembuatan dan Penyebaran Hoaks

“Aku harus belajar introspeksi diri dan ngelatih diri menjadi lebih baik lagi jadi orang lain lebih aware sama aku,” tandas Aura Mila.

Udah deh daripada panjang lebar, langsung aja tonton episode penuhnya, Opo Jare edisi bullying di bawah ini, ya!


Karet Bungkus: Ilham Musyafa
Ilustrator: Nanda Tri Pamungkas
Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...