Yuk Intip Fasilitas Kampus-kampus Hits di Kota Malang Ini!

    BUNGKUS: MABA 2018
Beneran ngak sih, jika fasilitas kampus menjadi salah satu daya tarik sendiri untuk mahasiswa baru atau maba?

MALANGTODAY.NET– Beneran ngak sih, jika fasilitas kampus menjadi salah satu daya tarik sendiri untuk mahasiswa baru atau maba? Terutama dalam hal menentukan pelabuhan atau kampus dimana mereka akan menimba ilmu nanti.

Semakin bagus nan lengkap fasilitas suatu kampus dan ditambah dengan nama ngehits, pasti akan menambah pesonanya untuk meluluhkan para hati maba.

Sebaliknya, semakin minim fasilitas dan ditambah dengan nama kampus yang belum ngehits, membuat kampus tersebut kesulitan dalam mencari mahasiswa baru.

Di Kota Malang sendiri, baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, rata-rata sudah terbilang memiliki berbagai fasilitas yang sudah cukup baik. Nggak heran kalau Kota Malang mendapat julukan kota pendidikan terbaik di Provinsi Jawa Timur.

Pengen tau fasilitas-fasilitas kampus hits di Kota Malang? Daripada penasaran berikut fasilitas kampus-kampus terhits di Kota Malang yang berhasil MalangTODAY rangkum.

Baca Juga: Maba Bingung Belanja Murah? Ini Tempat Recommended Buat Beli Kebutuhanmu

  1. Universitas Brawijaya

Fasilitas kampus@Nanda Tri Pamungkas/MalangTODAY

Siapa sih yang nggak kenal kampus terhits di Kota Malang, apalagi kalau bukan Universitas Brawijaya (UB). Kampus satu ini memang cukup terkenal di kalangan maba, selain memang namanya yang terkenal, kampus ini juga membiliki banyak sekali jurusan.

Tak hanya itu, kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1963 ini memiliki beraneka ragam fasilitas yang memanjakan para mahasiswanya.

Sebut saja seperti Perpustakaan UB, Masjid Raden Patah, area Panjat Tebing, INBIS UB, UPT Bahasa UB, UB KK (Job Placement Center), UB Forest, UB Sport Center, dan Rusunawa (bantuan resmi dari Kemenpera) yang dijamin bisa mendukung kegiatan belajarmu selama disana. Dan jika saat disela-sela belajar serangan lapar menyerang, kamu bisa langsung lari ke Kantin Akademik Halalan Thoyyiban UB untuk mengisi perutmu.

Tidak berhenti disitu, UB juga tak lupa memperhatikan kebutuhan mahasiswanya dalam hal kesehatan. Tercatat UB sendiri memiliki RS UB dan Poliklinik UB yang bisa dimanfaatkan mahasiswanya.

UB Guest House (kapasitas 43 kamar), Samatha Krida (kapasitas 3500 org), GOR Pertamina, Griya Brawijaya (ada 360 kamar) juga bisa dimanfaatkan mahasiswa dan keluarga, terutama ketika ada gelaran wisuda.

Baca Juga  Pantai di Kabupaten Malang Belum Dikelola dengan Baik? Ini Kata Pakar

Untuk warga Malang diluar civitas akademika Universitas Brawijaya, kamu bisa menggunakan GOR Pertamina dan Gedung Samantha Krida dengan dikenakan harga sebesar Rp. 10 juta per hari atau bisa kondisional sesuai jenis acara.

  1. Universitas Negeri Malang
Baca Juga  Pesona Malang Selatan, 10 Pantai Ini Paling Pas Dikunjungi Bersama Keluarga

Fasilitas kampus@Nanda Tri Pamungkas/MalangTODAY

Kurang afdol jika membahas UB terus kita tak membahas Universitas Negeri Malang atau UM. Kampus yang terkenal sebagai kampus pendidikan nomor wahid ini juga tak main-main dalam hal memanjakan para mahasiswanya.

Kampus yang dulu beranama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang memiliki fasilitas yang sangat beragam.

Mulai dari Graha Cakrawala, Tenis Lapangan, Sasana Budaya, Kolam Renang, Stadion UM, Perpustakaan UM, Masjid Al-Hikmah, Asrama Putra, Rusunawa Putri UM, Lapangan Voli, Lapangan Basket, KOPMA UM, Poli Klinik UM, Sasana Krida, Laboratorium Pancasila UM, Penitipan Anak (untuk civitas akademika UM), Balai Bahasa UM, dan Panggung Terbuka.

Uniknya, di kampus UM ini juga ada sebuah cafe bernama Cafe Pustaka. Cafe yang terletak bersebelahan dengan perpustakaan pusat ini, bisa dibilang cukup terkenal, baik diluar maupun di luar kampus.

Di cafe satu ini kalian bisa menikmati berbagai jajanan dan olahan kopi yang membuat kegiatan belajarmu sehari-hari lebih menyenangkan.

Selain untuk mahasiswa, UM juga memberikan fasilitas umum kepada masyarakat untuk menggunakan Graha Cakrawala, Sasana Budaya dan Sasana Krida.

Nama Gedung Harga Sewa Keterangan
Graha Cakrawala Weekdays : Rp. 25 juta/hari

Weekend : Rp. 55 juta/hari

Maksimal penggunaan jam 23.00 WIB
Sasana Budaya dan Sasana Krida Weekdays : Rp. 5 juta/sesi

Weekend ; Rp. 10,5 juta/sesi

Sesi 1 : 07.00-14.00 WIB

Sesi 2 : 15.00-22.00 WIB

Nomor telepon Pusat Bisnis UM 0341-572112

 

Baca Juga: Kamu Maba? Yuk Hunting Makanan Murah dan Enak di Warung-warung Ini

  1. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)

Fasilitas kampus@Nanda Tri Pamungkas/MalangTODAY

Selanjutnya ada kampus Politeknik Negeri Malang (POLINEMA). Tak kalah dengan kampus-kampus lainnya. Di kampus ini juga mahasiswa akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang sangat baik. Mengingat di kampus yang dulunya bagian dari UB ini memiliki berbagai jurusan teknik, yang membutuhkan berbagai macam peralatan untuk menjunjang kegiatan akademik.

Selain itu, Polinema juga memiliki fasilitas seperti Poliklinik Polinema, Aula Pertamina Polinema. Graha Polinema, Perpustakaan Polinema. PL FM, dan JPC (job placement centre) polinema (tempat bursa lapangan pekerjaan khusus polinema)

  1. Universitas Muhammadiyah Malang

Fasilitas kampus@Nanda Tri Pamungkas/MalangTODAY

Setelah megintip fasilitas kampus-kampus negeri, sekarang giliran kampus swasta. Di Kota Malang menjadi ‘sarang’ kampus-kampus swasta. Belasan bahkan puluhan kampus swasta berkualitas berjejer di kota berjuluk Kota Bunga ini, salah satunya Universitas Muhammadiyah Malang.

Kampus swasta terbesar di Kota Malang ini bisa dibilang kampus swasta paling terkenal. Bukan hanya memiliki berbagai macam jurusan, namun fasilitas-fasilitas yang dimilikinya pun bisa dibilang sangat memadahi.

Sebut saja fasilitas pendukung akademik seperti, Masjid UMM, Dome UMM, Perpustakaan UMM, Stadion UMM, Asrama UMM, UMM Farm, Book Store, UMM Press, Lab Terapan, hingga Edupark UMM.

Tak hanya itu berbagai fasilitas lain seperti, SPBU UMM Energy, Taman Sengkaling UMM, Helipad, area Panjat Tebing, Lapangan Basket, Rumah Sakit UMM, UMM Inn, Bengkel Rinjani independen, UPT Bengkel UMM (kerjasma dengan Yamaha), PLTMH Sumber Maron dan Sengkaling, hingga UMM Bakery pun dimiliki kampus berjuluk kampus putih ini. Hmm lengkap banget ya!

Baca Juga: Catat Ya Adek Maba! 6 Jalur Angkot ke Tempat Hits di Kota Malang!

  1. Universitas Islam Malang (UNISMA)

Fasilitas kampus@Nanda Tri Pamungkas/MalangTODAY

Meskipun berstatus swasta, namun jangan anggap remeh kampus ini. Berbagai terobosan inovatif dengan berani diciptakan oleh kampus beralamat di Jalan MT Haryono, Kota Malang tersebut. Tak hanyal, UNISMA menjadi salah satu kampus swasta favorit di Kota Malang.

Fasilitas kece seperti, Rumah Sakit Unisma, Perpustakaan, Gedung Bundar Al-Asy’ari, Halal Centre, hingga Rusunawa pun tersedia untuk memanjakan para mahasiswanya.


Karet Bungkus: Annisa Eka Safitri
Penulis : Endra Kurniwan
Editor   : Annisa Eka Safitri
Graphic: Nanda Tri Pamungkas

Berita Terbaru

Related Articles