Warga Kasin Budidaya Ikan di Sungai Keruh, Hasilnya Sungguh Tak Terduga!
sungai sebagai budidaya ikan @Nanda/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Sungai pada dasarnya memiliki manfaat dan daya guna yang sangat banyak bagi masyarakat. Oleh karena itu menjaga kebersihan dan kelestariannya sangatlah penting.

Salah satu pemanfaatan sungai yang dapat menimbulkan keuntungan adalah menjadikan sungai sebagai sebuah tempat budidaya ikan. Seperti yang dilakukan warga di sekitar Sungai Kasin, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Warga sekitar membangun keramba untuk budidaya ikan di sungai sejak tahun 2006. Kini setidaknya, sebanyak 150 keramba berjajar sepanjang 300 meter di Sungai Kasin.

Baca Juga: Anehnya Keluarga Kerajaan di Hari Kematian Putri Diana

Dalam keramba berukuran 2×1 meter tersebut mereka membudidayakan berbagai jenis ikan. Beberapa di antaranya ialah ikan nila, ikan emas, ikan trombo, ikan komet dan ikan koi. Warga setidaknya bisa mendapat 1,6 kuintal ikan dari tiap kerambanya.

Berdasarkan sebuah video yang diunggah oleh channel Bayu Business, ikan-ikan yang ada di dalam keramba bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Bahkan menurut narasumber yang tak diketahui namanya itu, satu ikan dalam keramba bisa memiliki berat higga 8 kilogram.

Laki-laki itu juga mengungkapkan bahwa sampai sejauh ini, banjir di sungai tidak terlalu mengganggu kondisi ikan karena terlindungi keramba. Ia menambahkan bahwa permasalaha yang lebih berat adalah sampah dan air sungai yang tercemar. Padahal jika sampah menumpuk di sungai, aliran sungai menjadi terhambat dan itu tidak terlalu baik untuk perkembangan ikan dalam keramba.

Baca Juga: Bonekmania Selamat di Stadion Kanjuruhan, Tapi…

Nah berikut ini adalah video  budidaya ikan yang dilakukan wqrga di sekitar Sungai Kasin.

Nah Zens, sekarang sudah tahu kan manfaat sungai bagi kehidupan. Mulai sekarang mari kita tingkatkan kesadaran akan kebersihan dan kelestarian sungai agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...