Terkait Hoax di Malang, Humas Polresta: Masih Landai-landai
Ilustrasi contoh kasus hoax @Nanda/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Penyebaran berita palsu alias hoax memang dinilai cukup meresahkan masyarakat. Ditambah perkembangan teknologi yang kian mutakhir, masyarakat akhirnya mudah terjebak dan mempercayai info yang sebenarnya masih simpang siur.

Namun beruntung, penyebaran hoax di Kota Malang masih belum separah dengan apa yang terjadi di kota-kota besar. Hal ini disampaikan oleh Kasubag Humas Polresta Malang, Ni Made Seruni Marhaeni. Menurutnya, kasus hoax di Malang masih landai-landai saja. Ia pun membandingkannya dengan apa yang terjadi di kota-kota besar.

Baca Juga: Temukan Hoax Bertebaran? Segera Laporkan Pihak Berwajib!

“Ini kan sedang situasi politik, sementara hoax tidak seperti yang di Jakarta. Yang di Malang sementara ini masih landai-landai saja. Dalam artian tidak terlalu menyudutkan, tidak terlalu menjelek-jelekkan  seperti yang kita dilihat di medsos di kota-kota besar yang memang sangat luar biasa, menjatuhkan antara satu sama lain,” tuturnya.

Kasubag Humas Polresta tersebut juga menilai bahwa persebaran hoax biasanya berkaitan dengan momentum tertentu. Ia mencontohkan ketika tahun politik, hoax dengan mudah merajalela. Namun sekali lagi, ia menunjukkan bahwa kota Malang tetap aman walaupun berada dalam tahun politik.

“Kita kan sudah menjalani Pilwali ya, itu kan aman, damai. Kita bisa menciptakan wilayah kota Malang ini kota yang aman, sejuk, damai. Mudah-mudahan kedepannya bisa damai seterusnya,” ujar Seruni.

Baca Juga: 5 Orang Terkenal yang Pernah Diserang Berita Hoax, No. 3 Paling Parah

Meski dikatakan aman dari hoax, namun beberapa info palsu sempat beredar di kota Malang. Sebelumnya sempat beredar info seputar bahaya membeli beras merek tertentu. Namun kabar tersebut tak sampai berlarut-larut karena segera diselidiki kebenarannya. “Setelah diselidiki terkait kebenarannya, ternyata tidak benar,” imbuhnya.

Selain itu, beberapa waktu lalu sempat beredar foto yang menunjukkan kerangka jembatan di Soekarno – Hatta bengkok. Lalu juga ada kabar seputar lubang jalan raksasa di Jalan Bondowoso yang dikatakan sebagai Lubang Dinosaurus. Namun keduanya telah dikonfirmasi sebagai hoax.


Karet Bungkus: Jazilatul Humda
Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas</span

Loading...