Serunya Taman Baca di Kota Batu, Mulai yang Agamis hingga Kekinian!
Surga buku di Kota Batu@Nanda Tri Pamungkas/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET Kota Batu terkenal dengan wisata-wisatanya yang ciamik. Kota yang terkenal dengan suhu dinginnya tersebut memiliki berbagai macam wisata mulai dari alam, museum, hingga wahana-wahana menarik.

Selain terkenal dengan wisata, kalian juga harus tau ya kalau perpustakaan atau taman baca di Kota Batu juga banyak yang gak kalah menariknya. Mau tau apa aja itu? Langsung yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: Awas! Ada Isu yang Rawan Dijadikan Hoax

1. Perpustakaan Kota Batu

Perpustakaan Kota Batu @Instagram-perpustakaankotabatu

Perpustakaan Kota Batu atau yang biasa dikenal dengan Puskot ini terletak di Jalan Panglima Sudirman no. 507 Gedung B lantai 2 dan 3, Balai Kota Among Tani.

Gak main-main Zens, koleksi yang ditawarkan di Puskot ada sebanyak 24.400 judul/27.796 eksemplar.

Sebagai perpustakaan terbesar di Kota Batu, Puskot memiliki tujuan menarik minat baca masyarakatnya. Seperti program kunjungan untuk mengembangkan minat budaya baca yang dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat.

Kegiatan yang dilakukan meliputi membaca, mewarnai, mendongeng, bercerita, dan pemutaran film.

Gak sampai disitu, Puskot juga menyediakan program perpustakaan keliling. Di mana program ini dijadikan sebagai promosi dan sarana jemput bola untuk meningkatkan minat baca dan kunjungan masyarakat ke perpustakaan.

Program ini diadakan setiap 3 kali dalam 1 minggu, yaitu pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Sasaran Perpustakaan Keliling Kota Batu adalah siswa SD, SMP, SMA dan masyarakat umum. Sedangkan, yang menjadi sasaran utama kegiatan Perpustakaan Keliling Kota Batu yaitu siswa SD.

Buat kamu yang mau mengunjungi bisa datang di hari Senin hingga Kamis jam 08.00-15.30 dan Jumat jam 08.00-13.30. Puskot tutup pada hari sabtu dan minggu serta Peringatan Hari Besar Nasional

2. Taman Gudang Pelajar

Taman Gudang Plajar (Istimewa)
Taman Gudang Plajar (Istimewa)

Kalau mampir ke Dusun Kra­­­jan, Desa Giripurno, kecamatan Bumiaji, Kota Batu maka sempatkanlah untuk mampir ke TBM Gudang Pelajar. Dibuka setiap hari minggu, Gudang Pelajar menyajikan koleksi-koleksi berupa bacaan anak-anak dan remaja baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Bukan tanpa alasan, menurut pendiri Gundang Pelajar saat diwawancarai tim MalangTODAY pembuatan taman baca di Kota Batu ini berawal dari keinginan pribadinya.

“Awalnya angan-angan ingin punya buku bacaan yang bisa dinikmati anak-anak dan remaja ketika kegiatan mingguan tersebut,” ujarnya.

Adanya TBM Gudang Pelajar ini juga bukan secara tiba-tiba. Banyak usaha yang dilalui sang pemilik hingga seperti sekarang.

Baca Juga: Dari Perpecahan hingga Adu Domba, Ini Efek dari Berita Hoax

“Nyicil beli buku dengan keuangan terbatas namun tanpa disangka ketemu jalan, tokoh-tokoh yang faham akhirnya dapat buku bantuan dari Asia fondation, lalu dapat buku dari 1001 buku dua kali,” tuturnya.

Menurut pantauan MalangTODAY di lokasi, kini koleksinya sudah ada sekitar 200-an buku dengan berbagai macam jenis dan bahasa. TBM ini juga menggelar kegiatan rutin setiap hari Minggu berupa membaca Sholawat Diba’ dan sebulan sekali Takhtimul Quran.

3. Perpustakaan Masjid An Nuur

Perpustakaan Masjid An-Nuur (Istimewa)
Perpustakaan Masjid An-Nuur (Istimewa)

Buat yang pernah mampir ke Alun-alun Kota Batu pasti pernah berkunjung ke Masjid An-Nuur. Masjid yang satu ini dibangun pada tahun 1920 diatas tanah wakaf seorang warga. Dalam perkembangannya, masjid telah mengalami beberapa renovasi sesuai dengan kebutuhan. Renovasi terakhir dilakukan pada Maret 2008 dan diresmikan oleh Wali Kota Batu kala itu, Eddy Rumpoko.

Siapa sangka, Masjid dengan nuansa warna hijau dan krem di sekujur bangunannya ini juga memiliki TBM. Berlokasi di Jalan Gajah Mada, Kota Batu, Masjid An-Nur memiliki jumlah buku yang lumayan banyak terutama terkait agama Islam. Selain memiliki buku, di sini juga tersedia tempat duduk dan meja berbilik.

Kondisi Masjid An-Nur sendiri saat ini masih akan direnovasi untuk menambah beberapa bagian dan mempercantik penampilannya. Direncanakan, akan dibangun menara setinggi 99 meter di sebelah barat pintu gerbang, mengacu pada menara Mesjid Agung Jawa Tengah.

Baca Juga: Makin Marak, Ini Ciri Berita Hoaks!

4. Taman Baca AMIN

Taman Baca Amin @Instagram-Wisataseru
Taman Baca Amin @Instagram-Wisataseru

Yang terkahir dan gak kalah kece ada Taman Baca Amin. Taman baca yang juga dikenal dengan Taman Baca Kontainer ini diinisiasi dari Program CSR (Corporate Social Responsibility) Jawa Timur Park Group.

Sebagaimana pantauan MalangTODAY, Taman baca yang berdiri sejak tahun 2008 ini memiliki 10 ribu koleksi buku mulai dari buku anak, masakan, fashion, komik, novel, seni, hingga tokoh atau biografi. Untuk keilmuannya sendiri taman baca ini juga memiliki koleksi tentang wanita, kesehatan, sejarah, agama, pengetahuan umum, psikologi, ekonomi, sosial politik, flora dan fauna.

Buat kamu yang tertarik bisa langsung meluncur ke Jalan Sultan Agung No.99, Kota Batu setiap hari pada pukul 15.00-22.00 WIB (kecuali hari jumat: jam 11.00-20.00 WIB).

Seru-seru kan Zens taman baca di Kota Batu ini, pernahkah kamu mengunjungi salah satunya?


Karet Bungkus: Endra Kurniawan
Reporter: Jazilatul Humda
Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa
Ilustrator: Nanda Tri Pamungkas

Loading...