Seputar Kudapan Strudel dan Asal Usulnya, Eh Ternyata…

MALANGTODAY.NET – Berlapis-lapis pastry dengan berbagai varian isi yang menggugah selera. Ya! Begitulah yang tergambar pertama kali ketika mendengar tentang strudel. Kudapan yang mendadak beken sebagai oleh-oleh khas Malang ini memang memiliki penampilan yang sangat menggoda.

Tapi ZensTODAY tahu nggak sih asal mula kue strudel itu sendiri? Nah, special untuk kalian, MalangTODAY sudah merangkum lima fakta tentang strudel yang harus kalian ketahui. Cekidot!

Baca Juga: Santapan Ala Jepang Harga Mahasiswa di House of Teppanyaki

  1. Berasal dari Jerman

Kudapan yang katanya oleh-oleh khas Malang ini ternyata berasal dari Jerman loh. Makanan ini lahir dan besar di Austria, sebuah negara bagian di Jerman. Orang-orang di sana biasanya menyantap kudapan manis ini sambil menikmati teh. Makanan ini juga kerap disajikan dengan manisnya fla vanila.

Seputar Kudapan Strudel dan Asal Usulnya, Eh Ternyata…
Strudel-@-Wikipedia

  1. Makanan Kekaisaran

Wah, sepertinya kita sekarang harus berbangga diri. Pasalnya, usut punya usut, strudel ini ternyata dulu dibuat khusus hanya untuk orang-orang penting di Kekaisaran Habsburg. Buat penggemar penganan berbahan dasar tepung pastry ini harus bersyukur karena sudah bisa meikmatinya di berbagai tempat.

Baca Juga: Musim Kemarau, Harga Garam Terancam Turun

  1. Resep Berumur Ratusan tahun

Memang belum ada yang tahu pasti sebenarnya pada tahun berapa kudapan tersebut lahir. Namun resep tertua strudel ditemukan ditulis pada yahun 1697. Wah, sudah lebih dari 300 tahun ya! Resep berjudul  Koch Puech’ tersebut ada hingga sekarang dan tersimpan dengan aman di Perpustakaan Wina, Austria.

Baca Juga: Ups, Kursi Wagub DKI Kosong, PKS Kirim Kode Keras ke Gerindra

  1. Merupakan Modifikasi Resep Dari Arab

Sejarah panjang tentang penganan ini ternyata bisa sampai di Negeri Arab. Mengutip dari IDN Times pada Kamis (9/8), sebuah kue bernama Baklava menjadi cikal bakal strudel. Resep Baklava dibawa masuk ke Kota Wina setelah Kekaisaran Bezantium ditaklukkan. Resep ini kemudian dimodifikasi dan, voila! Terciptalah  Strudel. Terus kok bisa jadi kue khas daerah di Indonesia ya? Nah loh, gimana tuh?

Seputar Kudapan Strudel dan Asal Usulnya, Eh Ternyata…
Baklava (Istimewa)

Baca Juga: Masih Jemput Bola, Dispendukcapil Layani Pengurusan e-KTP di Sekolah

  1. Hanya Memiliki 2 Varian Asli

Mungkin kini kita bisa memilih begitu banyak varian isian dari kudapan ini. Tapi, sebenarnya strudel awalnya hanya punya dua macam isian yaitu buah apel dan keju. Warga setempat menyebutnya dengan apfelstrudel untuk strudel dengan isian apel, dan topfenstrudel untuk isian keju. Tapi setelah menyebar ke negara-negara eropa lainnya berbagai varian isi muncul, dari buah-buah beri, bayam, hingga daging.


Karet Bungkus: Swara Mardika
Penulis: Kristin Septiyani
Editor: Swara Mardika
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas

Berita Terbaru

Related Articles