Pesona Malang Selatan, 10 Pantai Ini Paling Pas Dikunjungi Bersama Keluarga

Cocok banget nih buat ajak papa, mama, pakde, bude, mbah, engkok dan lain-lain.

MALANGTODAY.NET – Tak hanya terkenal dengan budaya dan Arema. Malang juga populer sebagai daerah yang memiliki ratusan detinasi wisata dengan berbagai kategori. Khususnya daerah Malang Selatan, opsi wisata alam pantai menjadi salah satunya.

Kendati lebih tersohor sebagai daerah di kaki gunung yang memiliki hawa sejuk dan cenderung dingin, tapi Malang Raya juga memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai yang luar biasa lho.

Opsi wisata pantai di Malang ini berada di sisi paling selatan Bumi Arema. Ya, kawasan Malang Selatan menyimpan berbagai eksotisme pantai yang seluruhnya menawan.

Baca Juga: Peluangnya di Pilpres 2019 Mendatang, Ini Kata Gatot Nurmantyo!

Layaknya toserba, berbagai pantai di Malang Selatan tersebut juga menawarkan berbagai kategori pantai sesuai dengan selera para pengunjungnya. Mulai dari pantai yang memiliki jalur tracking menantang hingga pantai yang nyaman untuk dinikmati bersama keluarga, Malang Selatan punya semuanya.

Nah, pada artikel Bungkus edisi Pesona Pantai Malang Selatan ini, akan kita ulas sepuluh pantai yang sangat ramah dengan keluarga. Mulai dari fasilitas hingga akses menuju pantai semua tersedia di sini.

Kalau kamu sedang berencana berlibur ke daerah Malang Selatan dan merancang destinasi pantai yang akan dituju bersama keluarga, yuk kita simak info di bawah ini.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Puji Kebijakan Pemprov DKI Jelang Asian Games 2018

1. Balekambang

Pantai Balekambang @ Ngadem

Bisa dibilang Pantai Balekambang adalah salah satu pantai yang legendaris di Malang Raya. Nama pantai Balekambang telah tersohor di seluruh penjuru Malang Raya bahkan Nusantara.

Pantai yang satu ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Membuthkan waktu sekitar 2-3 jam dari pusat Kota Malang untuk mencapaii pantai Balekambang ini.

Walaupun menempuh perjalanan yang cukup jauh, para calon pengunjung tidak usah khawatir karena akses menuju Pantai Balekambang sudah teraspal bagus dan sangat nyaman untuk dilalui.

Selain sebagai destinasi wisata alam, Pantai Balekambang juga biasa disebut sebagai tempat wisata religi. Pada hari-hari tertentu, ribuan pengunjung datang ke pantai ini untuk melakukan ritual.

Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membabat pantai Balekambang.

Selain umat Islam, umat Hindu pun menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah utama setiap satu tahun sekali. Khusunya pada hari raya Nyepi.

Baca Juga: Tertarik Surfing di Kabupaten Malang? Disini Tempatnya

Fasilitas seperti kamar mandi, mushola, warung makan, dan tempat parkir yang luas akan membuat liburan bersama keluarga terasa makin menyenangkan.

2. Regent

PantaiRegent (Istimewa)

Tak jauh dari Pantai Balekambang juga terdapat rona wisata alam lainnya bernama Pantai Regent. Orang sekitar biasanya menyebutnya dengan Pantai Cembirit.

Pantai ini masih berada di satu desa yang sama dengan pantai Balekambang. Keunikan dari Ppantai Regent ini adalah adanya danau yang dihimpit dengan gunung dan rimbun pepohonan.

Tak jarang pantai ini digunakan sebagai spot foto pre-wedding.

Akses dari area parkiran ke zona pantai yang tak sulit membuat pantai yang masih terbilang baru ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga.

3. Ngliyep

Pantai Ngliyep (Istimewa)

Baca Juga: Terpilih Jadi Wali Kota di Amerika, Legenda WWE Smackdown Ini Berubah Kalem

Destinasi wisata alam berikutnya dalam daftar ini adalah Pantai Ngliyep. Pantai Ngliyep berlokasi di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Berlokasi sekitar 62 km arah selatan dari Kota Malang, cara menuju ke Pantai Ngliyep sangat mudah dijangkau karena sejak tahun 1980 akses menuju pantai telah diaspal.

Memiliki panorama yang indah dengan hamparan Samudera Hindia yang terbentang biru di depannya, Pantai Ngliyep juga menwarkan kecantikan pasir putih dengan ditumbuhi pepohonan rindang.

Alkisah, Pantai Ngliyep memiliki arti bahwa setiap orang yang menikmatinya akan mengantuk dan tertidur. Hal tersebut ditegaskan dengan alunan gelombang ombak Pantai Ngliyep yang tenang dan menghanyutkan. Sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga sambil piknik di pasir.

Tenang, berbagai fasilitas yang melengkapi kategori pantai keluarga juga disediakan oleh Pantai Ngliyep.

4. Goa Cina

Pantai Goa Cina (Istimewa)

Termasuk sebagai kategori pantai yang cukup baru di kawasan Malang Selatan, tak sulit bagi Pantai Goa Cina untuk populer dan menjadi salah satu destinasi pantai favorit para pengunjung.

Berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Pantai Goa Cina menjadi sangat mudah dikenali karena akses jalan menuju pantai ini tidaklah sulit.

Pantai ini dilewati oleh jalur baru yang saat ini sedang dikembangkan, Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sudah diaspal mulus dan jalan yang lebar.

Paling-paling para pengunjung hanya disulitkan sedikit saja ketika membelokkan kendaraannya dari JLS ke arah area parkir Pantai Goa Cina. Para pengunjung harus melewati jalan bebatuan beserta kapur yang licin dan sedikit terjal sejauh 500 m.

Baca Juga  Darurat Literasi, Bangsa Indonesia Gampang Kena Hoax

Namun setelahnya perjuangan yang tidak seberapa itu sebanding dengan panorama alam indah yang ditawarkan oleh Pantai Goa Cina.

Pantai ini telah banyak menyediakan bangku-bangku kayu dan berbagai warung semi permanen untuk memanjakan para pengunjung. Untuk urusan kamar mandi pengunjung tak perlu bingung karena Pantai Goa Cina menyediakan puluhan toilet umum yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga  BUNGKUS: Fenomena Maba Kota Malang dan Sejuta Cerita di Dalamnya

5. Ungapan

Pantai Ungapan @ Hobby Holiday

Tidak terlalu jauh dari Pantai Goa Cina ada Pantai Ungapan. Persisnya pantai ini berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Melalui Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sama dengan Pantai Goa Cina, para pengunjung akan semakin dimudahkan dengan ketersediaan plakat jalan yang mengarahkan ke Pantai Ungapan.

Harga tiket untuk memasuki kawasan Pantai Ungapan sebesar Rp 5.000 per orang di sebuah loket yang telah disediakan pihak Perhutani. Di pantai ini Anda bisa memarkirkan kendaraan tepat di bibir pantai sambil menyaksikan deburan ombak.

Baca Juga: Cuaca Dingin, Akurat Gak Sih Aplikasi Pengukur Suhu Udara di Smartphone?

Di sepanjang tepi pantai terdapat banyak gubuk. Gubuk-gubuk itu terbuat dari kayu dan bambu dengan atap dedaunan menambah kesan tradisional. Gubuk tersebut berjajar dari timur ke barat pantai seolah tak ada habisnya. Di sekitar gubuk ditumbuhi rumput hijau dengan pohon dan beberapa pohon kelapa di pinggir laut.

Di sini Anda bisa menikmati sejuknya udara, sambil menikmati makanan dan minuman di gubuk tepi pantai dengan pemandangan pantai. Namun karena ombak yang dihasilkan cukup tinggi, para pengunjung Pantai Ungaran tidak diizinkan untuk berenang di tepi laut.

6. Lenggoksono

Pantai Banyu Anjlok (Istimewa)

Pantai Lenggoksono berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Untuk dapat mencapai pantai ini, setidaknya dibutuhkan sedikit tantangan dan keberanian dari si pengemudi. Kendati akses jalanan dari Kecamatan Dampit ke Kecamatan Tirtoyudo sejauh 30 km sudah diaspal, namun kondisi jalannya tidak terlalu lebar serta menempuh jalan berkelok-kelok menanjak dan menurun yang cukup curam.

Namun usaha itu akan terbayarkan dengan pemandangan hamparan pasir putih seluas satu kilometer melingkar dengan dikelilingi dua tebing yang cukup menghijau karena rindangnya pepohonan yang tumbuh di sana.

Baca Juga: Skandal Video Mencuat, Luna Maya Masih Asyik Promosi ‘Kopinya Tukang Enak’

Tidak begitu jauh dari Pantai Lenggoksono, tepatnya di Teluk Kletekan terdapat sebuah air terjun yang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Untuk menuju air terjun yang oleh para nelayan disebut dengan Banyu Anjlok itu, wisatawan harus menempuh jalur laut.

Kita bisa menyewa perahu jungkung nelayan untuk mengantarkan ke tempat itu. Tetapi kita harus ekstra hati-hati ketika mengarungi teluk menuju Banyu Anjlok ini karena ombaknya yang cukup besar. Perjalanan ke Banyu Anjlok membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Keindahan air terjun Banyu Anjlok di Teluk Kletekan ini mungkin tidak ada duanya di Malang Raya. Air terjun Banyu Anjlok berasal dari sumber air yang berasal dari
bukit, lalu mengaliri tebing batu karang setinggi tujuh meter. Air menggerojok tidak dalam satu titik, tetapi menyebar selebar batu karang sehingga terlihat begitu indah. Airnya jernih, bersih, dan sangat dingin. Kita bisa berenang atau mandi di air terjun ini.

7. Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung @ Tribun

Kemudian wana wisata Malang Selatan masih menyimpan keindahan pantai lain pada jati diri Pantai Batu Bekung. Pantai Batu Bengkung berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Pantai Batu Bengkung menwarkan eksotisme alam pantai dengan bebatuan karang yang mendominasi pemandangan. Di waktu yang tepat ketika air laut sedang surut, para pengunjung dapat memuaskan diri bermain dan berenang di tepian Pantai Batu Bengkung.

Di Pantai Batu Bengkung ditawarkan pula petualangan menanjaki tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat untuk mendapatkan spot pantai paling menawan. Di tebing tersebut juga telah disediakan tali yang diperuntukkan untuk menyambut petualangan para pengunjung.

Baca Juga: Bikin Kontes Menyanyi #2019GantiPresiden, Ahmad Dhani Kena Sarkas Jrx SID

Berkemah juga merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Batu Bengkung. Ketersediaan fasilitas seperti Mushola, kamar mandi, dan warung makan tentunya akan membuat pengalaman pengunjung yang berkemah di Pantai Batu Bengkung menjadi sungguh nikmat.

8. Tamban

Pantai Tamban (Istimewa)

Daftar kami belum berakhir! Masih ada beberapa rujukan destinasi pantai di Malang Selatan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Pantai Tamban jadi salah satunya.

Pantai Tamban berlokasi beberapa kilometer sebelum Jalur Lintas Selatan (JLS). Tepatnya pantai ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Selain dimanjakan oleh pemandangan indah saja, di Pantai Tamban para pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti memancing, snorkling, dan surfing. Serunya lagi, semua peralatan untuk melakukan berbagai kegiatan tersebut juga disewakan oleh pengelola setempat. Jadi para pengunjung tidak perlu repot-repot membawa banyak peralatan yang ribet dari rumah.

Baca Juga  Pantai Ngantep, Surganya Para Peselancar Dunia

Untuk fasilitas umum di Pantai Tamban ini terbilang cukup lengkap. Berbagai pedagang makanan dan minuman yang ada di Pantai Tamban juga menyediakan toilet umum untuk dimanfaatkan oleh para pengunjung.

9. Nganteb

Pantai Nganteb (Istimewa)

Lokasi Pantai Nganteb berada sekitar 3,5 km ke arah timur dari Pantai Balekambang. Secara administratif, Pantai Nganteb berada di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Sayangnya akses menuju pantai yang satu ini masih menyisakan beberapa tantangan. Jalanan yang dilalui untuk dapat mencapai Pantai Nganteb cukup terjal berupa jalan makadam kecil yang semakin menanjak. Pada musim hujan, akses jalan bisa menjadi sangat berlumpur dan icin.

Baca Juga  Menelusuri ‘Patung Pesawat’ di Ujung Soekarno-Hatta Kota Malang

Pantai ini baru saja dikenalkan kepada masyarakat luas. Meski begitu, sejumlah wisatawan asing telah seringkali datang ke Pantai Nganteb untuk berselancar. Barangkali, Pantai Nganteb ini adalah pantai di Malang Selatan yang debur ombaknya sangat cocok digunakan untuk berselancar.

Karena mampu menarik minat hingga para wisatawan mancanegara, di kawasan Pantai Nganteb telah berdiri penginapan Pantai Nganteb. Lokasinya berada sekitar 200 m dari bibir pantai. Pengunjung dapat menginap di penginapan ini dengan tarif sekitar Rp 10 ribu per kamar.

Kendati akses jalan untuk menuju pantai ini masih cenderung menantang, tapi ternyata pantai ini memiliki begitu banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung selain hanya untuk menikmati pemandangan.

Baca Juga: Pantai di Kabupaten Malang Harus Punya Lifeguard

Jika pengunjung hendak berenang, di sebelah timur pantai terdapat sebuah muara sebuah sungai yang cukup luas. Di sini pengunjung bisa mandi sepuasnya tanpa harus takut dengan ombak pantai yang cukup besar. Tetapi, bila pengunjung hendak mandi dengan air yang lebih bersih, pengelola telah menyediakan kamar mandi di dekat penginapan dengan tarif Rp 2.000.

Pengunjung bisa juga menuju sebuah tebing karang pembatas pantai di ujung barat Pantai Nganteb. Untuk mencapainya Anda bisa melalui pendopo Gunung Batok dan berjalan menuju tebing dengan kondisi jalan setapak yang agak curam. Pengunjung harus hati-hati bila ke tebing karang ini karena tanahnya agak licin. Dari tebing karang ini pengunjung bisa menyaksikan panorama Pantai Nganteb yang sungguh indah dengan pantai putihnya yang memanjang.

Di Pantai Nganteb juga tersedia banyak warung dan penjual makanan. Fasilitas seperti mushola dan kamar mandi juga terjamin. Selain itu, di pantai ini juga terdapat gua yang cocok digunakan sebagai spot perkemahan.

10. Sendangbiru

Pantai Sendangbiru (Istimewa)

Nah, di daftar kami yang terakhir ada nama Pantai Sendangbiru. Berlokasi di Desa Tamakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pantai yan satu ini adalah destinasi sempurna untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan lautan namun sedang tidak dalam kondisi siap bermain kotor-kotoran di pasir atau basah-basahan di bibir pantai.

Pantai ini sebenarnya lebih cocok disebut sebagai dermaga mini. Dengan debur ombak yang cenderung tenang, Sendangbiru banyak digunakan oleh para nelayan sebagai titik keberangkatan dan kepulangan mereka saat mencari ikan di lautan. Pengunjung akan disuguhi oleh barisan kapal-kapal nelayan yang cantik sepanjang bibir Pantai Sendangbiru.

Selain itu, hal Yang lebih terkenal dari Pantai Sendangbiru adalah pasar ikannya. Di waktu-waktu tertentu, Pasar Ikan Sendangbiru akan ramai dikunjungi para tengkulak yang ingin membeli ikan langsung dari nelayan dengan keadaan yang segar.

Baca Juga: Pantai di Kabupaten Malang Belum Dikelola dengan Baik? Ini Kata Pakar

Sistem lelang yang diterapkan di pasar tersebut membuat kegiatan dan proses jual-beli menjadi sangat seru. Tentunya akan menjadi pengalaman menyenangkan untuk melepas penat di pantai yang satu ini.

Di kawasan Pantai Sendangbiru juga banyak terdapat rumah makan ikan bakar yang menyajikan aneka hidangan laut yang segar. Selain rasanya yang nikmat, para pelanggan diajak untuk menyantap hidangan dengan nuansa khas lautan yang diwakili oleh suara ombak, hembusan angin, hingga lalu lalang para nelayan dan pembeli ikan di kawasan Pantai Sendangbiru.

Nah itu tadi rekomendasi MalangTODAY.net tentang deretan pantai di Malang Selatan yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Namun karena cuaca sedang tidak bagus sehingga air laut pasang hingga cukup tinggi, ada baiknya para calon pengunjung untuk mempertimbangkan berbagai faktor dan lebih berhati-hati lagi saat memutuskan untuk berlibur ke pantai.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Berita Terbaru

Related Articles