Meningkat, Ini Jumlah Sampah Plastik yang Dihasilkan Indonesia Tiap Tahunnya

MALANGTODAY.NET – Plastik saat ini seolah menjadi salah satu benda yang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Pasalnya berbagai kemasan produk kini seakan semua terbuat dari bahana yang satu ini. Selain lebih murah, penggunaannya yang praktis membuat plastik menjadi pembungkus primadona di masyarakat.

Meski praktis dan murah, penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya menimbulkan kerugian yang sangat besar. Dengan penggunaan yang terus meningkat, potensi plastik menjadi sampah tentu juga menjadi lebih besar.

Baca Juga: Plastik Lama Diurai, Makin Lama Pula Penderitaan Manusia

Mengutip dari Kompas.com pada Sabtu (10/11/2018), data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), setiap tahunnya Indonesia menghasilkan sampah plastik hingga 64 juta ton. Dari jumlah tersebut kantong kresek atau kantong plastik masih mendominasi dengan jumlah mencapai 10 miliar lembar atau setara dengan 85 ribu ton. Bahkan dari tahun 2002 sampai 2016 lalu, jumlah sampah plastik di Indonesia mengalami kenaikan dari 11 persen menjadi 16 persen.

Bahaya sampah plastik untuk lingkungan

Sebagaimana ditulis dalam Jurnal Forum Teknologi berjudul ‘Bahaya Plastik terhadap Kesehatan dan Lingkungan’ karya Nurhenu Karuniatuti, sampah plastik ini menimbulkan kerusakan lingkungan yang teramat besar. Dalam jurnal tersebut dijelaskan, setidaknya memerlukan waktu 1000 tahun untuk menguraikan satu sampah plastik agar dapat menyatu dengan tanah.

Baca Juga: Ironi Plastik, Juru Selamat Dunia yang Kini Ancam Kelangsungan Umat Manusia

Selain itu, sampah plastik yang ada di darat, sebagian besar juga akan mencemari lautan. Menurut pernyataan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pujiastuti, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik yang ada di darat berakhir di lautan. Oleh sebab itu, sampah plastik menjadi salah satu ancaman yang sangat merugikan tak hanya untuk kehidupan manusia di darat tetapi juga kehidupan dan ekosistem yang ada di laut.

Baca Juga  Problema Makanan Anak Kost, Hidup Sehat atau Kenyang Sekarang?

Dengan jumlah yang sedemikian besar, sampah plastik bisa menjelma sebagai mimpi buruk bagi keberlangsungan hidup manusia ke depannya. Oleh sebab itu perlu adanya penanganan sampah plastik dengan tepat dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya mencegah peningkatan jumlah sampah ke depannya.

Baca Juga  Mengenal Buah Tangan Khas Malang di Opo Jare Edisi Oleh-Oleh

Karet Bungkus : Syauqy Ayyash
Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S
Ilustrator: Istimewa

Berita Terbaru

Related Articles

WhatsApp chat