Mengenal Kue Pie, Si Imut yang Ternyata Sudah Berumur Ribuan Tahun

MALANGTODAY.NET – Pie adalah kudapan dengan bahan pastry lainnya.  Meski sama-sama berkulit pastry, pie dan strudel itu berbeda ya.

Strudel cenderung memiliki kulit tipis yang berlapis lapis. Sedangkan pie kulitnya lebih tebal dan tidak berlapis-lapis. Nah selain itu, ada berbagai fakta unik lho tentang asal-usul kue imut ini.

Baca Juga: Santapan Ala Jepang Harga Mahasiswa di House of Teppanyaki

Berikut ini adalah fakta unik dan sejarah Pie yang sudah MalangTODAY.net rangkum untuk kalian Zens.

  1. Bangsa Mesir dan Romawi Kuno

Makanan ringan yang satu ini ternyata punya umur yang sangat tua. Pie diduga muncul pada zaman Mesir Kuno setelah peradaban tersebut menemukan penggilingan batu. Mereka yang suka bepergian keliling dunia, menemukan metode penggilingan dan membuat tepung dari biji-bijian. Masa tersebut diduga terjadi sekitar Abad ke 5 Sebelum Masehi.

Mengenal Kue Pie, Si Imut yang Ternyata Sudah Berumur Ribuan Tahun
Kue Pie @ Historia

Baca Juga: Ups, Kursi Wagub DKI Kosong, PKS Kirim Kode Keras ke Gerindra

Resep pertama pie kemudian ditemukan dalam buku De Agri Cultura yang diperkirakan ditulis pada sekitar tahun 160 SM. Meski tidak disebutkan nama pie, namun bahan-bahan yang diolah seperti cheesecake dengan dasar pastry persis seperti resep yang diunakan untuk membuat pie saat ini. Dalam buku tersebut, resep ini disebut plasenta atau libum. Wah, ternyata udah tua banget ya?

  1. Dibuat Bukan untuk Dimakan

Pada awalnya, kudapan populer ini dibuat hanya untuk membawa dan menyimpan daging. Peradaban saat itu yang sangat suka melakukan perjalanan, melakukannya untuk menjaga daging dan lauk lainnya tetap lembab ketika nanti daging tersebut dimasak.

Baca Juga: Ngeri Atau Ngawur, Roy Kiyoshi Prediksi Bencana Alam Indonesia 7 Bulan Lalu?

Kulit Pie dulu dibuat dari tepung dan air yang dicampur dengan lemak daging sapi dan teksturnya sangat keras. Namun seiring perkembangan zaman, makanan ini akhirnya juga dikonsumsi.

  1. Makanan Kerajaan
Baca Juga  Fakta! Anak Kost Malang Suka Praktis dan Doyan Mie Instan Garis Keras!

Makanan ini dulunya juga hanya disajikan di kerajaan. Kulit kering pie diisi dengan daging burung merak. Peraturan kerajaan Inggris dulu melarang resep maknan itu disebarkan. Namun, resep ini kemudian dibawa ke America dan diperbolehkan beredar luas.

Baca Juga  Stop! Ini Bahayanya Racun dan Setrum Ikan di Sungai

Baca Juga: https://malangtoday.net/featured/inilah-5-stuntman-yang-tewas-saat-jalani-syuting-ih-ada-yang-tewas-seketika/

  1. Kemunculan Varian Isi

Kedatangan Pie di Amerika inilah yang mengawali variasi isiannya. Setelah diizinkan beredar di Amerika, munculah berbagai macam pie dengan isian yang berbeda.

  1. Hongkong dan Pie Susu

Mengenal Kue Pie, Si Imut yang Ternyata Sudah Berumur Ribuan Tahun
Pie susu Hongkong (Istimewa)

Pie susu muncul sebagai masakan Hongkong. Selain pie susu, variasi isian dengan rasa manis berkembang peaat di sini, seperti pie cokelat dan jahe. Pie di Hongkong biasanya lebih menggunakan lemak babi dari pada lemak hewan lainnya.


Karet Bungkus: Swara Mardika
Penulis: Kristin Septiyani
Editor: Swara Mardika
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas

Berita Terbaru

Related Articles