Malang Film Festival, Festival Film Tahunan yang Selalu Dinanti

MALANGTODAY.NET – Berbicara tentang film, Malang juga punya wadahnya nih. Ada Malang Film Festival (MAFI Fest) yang rutin diadakan setiap tahun di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). MAFI Fest ini adalah ruang apresiasi seni untuk film-film di Indonesia.

“Kalau konsep dasar sebenarnya MAFI adalah salah satu ruang untuk mengapresiasi karya dari teman-teman pegiat film di Indonesia,” ujar Ketua Umum KINE KLUB Universitas Muhammadiyah Malang, Muhammad Zainur Rozikin.

BACA JUGA: Ironi Bioskop Merdeka, Bangunan Gagah yang Kini Tinggal Puing

Seperti diketahui, KINE Klub adalah kelompok studi sinematografi di UMM. Mereka menyelenggarakan MAFI Fest setiap bulan April. Setiap tahunnya, MAFI Fest mengangkat tema yang berbeda-beda.

“Yang membedakan tiap tahunnya tentu tema, karena kepengurusan di Kine Klub UMM tiap tahun pasti ganti jadi segala hal di MAFI pun tiap tahun juga pasti berbeda,” imbuhnya.

Film-film yang ditayangkan di MAFI Fest ini tidak sembarangan. Sebelumnya, panitia akan membuka penerimaan film untuk diputar di MAFI. Penerimaan ini dibuka sejak jauh-jauh hari. Untuk MAFI Fest ke-15 tahun 2019 mendatang saja, penerimaan karyanya sudah dimulai sejak November 2018.

BACA JUGA: Bioskop Ria, Bioskop Tua yang Kehilangan ‘Keceriannya’

Film-film tersebut digolongkan dalam beberapa kategori seperti Film Fiksi pendek Mahasiswa, Film Dokumenter Pendek Mahasiswa, Film Fiksi Pendek Pelajar, dan Film Dokumenter Pendek Pelajar.

Jumlah film yang masuk tergolong fantastis, sekitar 400 film. Namun, biasanya hanya diambil sebanyak 30-35 film. Film-film terpilih ini diputar setiap hari selama pelaksanaan MAFI Fest, Zens.

“Kita ada open submission, lalu dari film yang masuk kita seleksi lagi untuk diputar di MAFI. Biasanya sekitar 30-35 film dari 400an film yang masuk,” sambung pria yang akrab dipanggil Ozi ini.

Pembeda MAFI Fest dengan pemutaran film lainnya adalah karena kegiatan ini secara konsisten diperuntukkan bagi mahasiswa dan pelajar.

Baca Juga  Dari Perpecahan hingga Adu Domba, Ini Efek dari Berita Hoax

BACA JUGA: Setelah Ingin Stop Kompetisi, Pentolan Bonek juga Setuju Klub Bubar!

“MAFI Fest adalah penginisiasi festival buatan mahasiswa yang secara konsisten telah diselenggarakan selama 14 tahun yang dikhususkan untuk mahasiswa dan pelajar,” tegasnya.

Baca Juga  Bukan Pelecehan Biasa, Perempuan Harus Berani Hadapi Catcalling

Ditambah lagi, MAFI Fest juga memiliki program Sesi Malang. Program ini ditujukan untuk mengapresiasi film-fim non kompetisi. Film-film yang dibuat oleh para sineas Malang akan dihadirkan dalam program ini.


Karet Bungkus: Kistin S
Reporter: Jazilatul humda
Ilustrator: Istimewa
Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Berita Terbaru

Related Articles