Makin Marak, Ini Ciri Berita Hoaks!

MALANGTODAY.NET – Di era digital seperti ini, orang dapat dengan mudah mengakses dan menyebarluaskan informasi. Tak jarang, informasi-informasi tersebut berifat palsu alias hoaks. Nah, karena akhir-akhir ini begitu marak hoaks yang beredar, masyarakat sering dibuat bingung dengan informasi yang ada. Berikut ini adalah ciri berita hoaks yang beredar di masyarakat.

Baca Juga: Jaga Sikapmu di SosMed! Tim Cyber Kepolisian Juga Patroli di Dunia Maya

Bahasa provokatif

Bahasa provokatif cenderung lebih mampu menimbulkan dampak tertentu pada para pembacanya. Sebagaimana kita ketahui, hoaks memiliki berbagai tujuan dan kepentingan yang biasanya berhubungan dengan merubah persepsi publik. Oleh sebab itu kebanyakan berita hoaks menggunakan bahasa yang profokatif. Selain itu, berita hoaks biasanya secara jelas berdiri di sebuah pihak dan bernada memojokkan atau bahkan menjatuhkan pihak lainnya.

Sumber tidak jelas dan tak terpercaya

Ciri hoaks yang selanjutnya adalah berasal dari sumber yang tidak jelas. Kebanyakan hoaks ditulis atau dipublikasikan oleh sumber-sumber yang belum terpercaya. Untuk berjaga-jaga pilih sumber yang telah memiliki lembaga hukum serta terverifikasi. Karena media yang telah memiliki lembaga hukum dan terverifikasi dapat dijamin kredibilitasnya.

Foto Palsu

Saat ini dengan perkembangan teknologi, foto dan video yang beredar bisa saja merupakan hasil editan dari sebuah aplikasi. Yang paling marak adalah, video dan foto yang mengatasnamakan suatu peristiwa atau kejadian. Padahal bisa saja foto dan video tersebut diambil di waktu dan tempat yang berbeda dengan saat kejadian itu berlangsung. Nah, untuk yang satu ini kamu bisa memanfaatkan fasilitas Google Images. Kamu bisa melakukan drag-and-drop di kolom pencariannya. Fitur ini akan membantu kita memastikan sumber dan keaslian gambar tersebut.

Baca Juga: Maraknya Hoaks, Ini Himbauan Polres Malang Terkait UU ITE

Lebih lanjut, Kepala Bidang Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi, Ismintarti menyaktakan konfirmasi sumber adalah cara yang paling benar dalam mencegah penyebaran hoaks.

Baca Juga  Pesona Malang Selatan, 10 Pantai Ini Paling Pas Dikunjungi Bersama Keluarga

“Cara mengetahui kebenrannys kita hrs konfirmasi benar dan tidak nya berita tersebut kepada pihak yang disebutkan dalam berita,” Ucap Ismintarti.

Baca Juga  Sinergi Malang Strudel dan UMKM Pacu Bisnis Oleh-oleh Malang

Karet Bungkus : Jazilatul Humda
Reporter : Jazilatul Humda, Fajar Andika
Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani
Ilustrator: Nanda Tri Pamungkas

Berita Terbaru

Related Articles

WhatsApp chat