Yuk Kenalan dengan MAGER, Inisiator Angkot Baca dan Angkot Cerdas di Kota Malang
Komunitas penggiat literasi di Kota Malang@Tri Nanda Pamungkas/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Tak bisa dipungkiri bahwa minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Hal tersebut yang membuat beberapa komunitas literasi tergerak untuk mendorong minta baca masyarakat.

Berbagai komunitas literasi pun didirakan sebagai penggerak kebiasaan dan kultur membaca masyarakat.

Baca Juga: Terkait Hoax di Malang, Humas Polresta: Masih Landai-landai

Nah, untuk di Kota Malang sendiri, ada komunitas Mahasiswa Penggerak Malang (MAGER) yang memang berbasis gerakan sosial masyarakat terfokus dalam gerakan literasi. Tagline mereka keren, lho. Literasi kerakyatan!

Kegiatan Mager@Mager for MalangTODAY.net

Sesuai dengan misi mereka yang ingin menciptakan dampak perubahan berkelanjutan terhadap permasalahan sosial masyarakat, MAGER memiliki dua program kerja. Dua proker itu adalah angkot baca dan angkot cerdas.

Angkot Baca dan Angkot Cerdas

Angkot baca sendiri merupakan perpustakaan di dalam angkot yang diperuntukkan bagi semua golongan, khususnya golongan menengah ke bawah. Sudah pernah mendapati angkot yang di belakangnya banyak berjajar buku-buku belum ZensTODAY sekalian? Nah, kalau sudah pernah, ya MAGER ini salah satu inisiatornya.

Baca Juga: Dari Perpecahan hingga Adu Domba, Ini Efek dari Berita Hoax

Kegiatan Mager@Mager for MalangTODAY.net

Kalau angkot cerdas merupakan program MAGER yang mengajak anak panti asuhan untuk berkeliling di Kota Malang menggunakan angkot sambil belajar tentang literasi semesta. Literasi semesta ini adalah program MAGER yang mencoba mengajari anak-anak usia didik tentang literasi ide, literasi lingkungan, literasi sosial, dan literasi media yang tentunya hal-hal ini sangat jarang untuk diajarkan di sekolahan.

“Untuk mewujudkan angkot baca itu tidak mudah karena kami harus memulai komunikasi dengan mengubah pola pikir supir angkot yang notabenenya fokus untuk mencari nafkah. Tapi alhamdulillah masih ada beberapa supir angkot yang menjadi penggagas dan memiliki pemikiran yang terbuka terhadap literasi,” cerita koordinator MAGER Noor Fajrinna Mardatihillah saat ditemui tim redaksi MalangTODAY.net.

Kegiatan Mager@Mager for MalangTODAY.net

MAGER sendiri pertama kali diinisiasi oleh kader-kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Namun sebagai komunitas yang bergerak di bidang sosial, seiring berjalannya waktu MAGER mempersilakan mahasiswa dari berbagai kampus yang ingin bergabung sebagai relawan.

Baca Juga  Malang Macet Karena Banyak Maba? Ini Solusi Jitu Universitas Brawijaya

Baca Juga: Awas! Ada Isu yang Rawan Dijadikan Hoax

Hingga saat ini, jumlah relawan MAGER sudah ada total 36 orang dari berbagai universitas. Bagi kalian yang ingin bergabung langsung aja kepoin mereka di instagram dengan akun @mahasiswa_penggerak_malang.


Karet Bungkus: Endra Kurniawan
Reporter: Jazilatul Humda
Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika
Ilustrasi: Nanda Tri Pamungkas

Loading...