Jumlah Sampah Plastik di Dunia Jika Ditumpuk Bisa Bikin Ratusan Tower Sampai ke Bulan
Ilustrasi jumlah sampah plastik di dunia @ MalangTODAY.net/Nanda Tri Pamungkas

MALANGTODAY.NET – Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh majalah Science Advances memperkirakan bahwa jumlah plastik yang diporduksi di seluruh dunia meningkat mencapai 8.300 juta metrik ton. Ironisnya, tiap tahun jumlah ini terus bertambah.

Tak ada bayangan seberapa banyak 8,3 miliar metrik ton itu? Nih, berimajinasilah saja jika semua sampah di dunia itu ditumpuk jadi satu, tingginya bisa 147.200 kali lebih tinggi dari patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang baru nan kokoh itu.

Baca Juga: Jadi Jalan Masuk Limbah Plastik, 4 Hewan Laut Ini Riskan Bila Dikonsumsi

Belum terbayang? Jadi ya, kalau seluruh sampah plastik bekas itu dikumpulkan jadi satu, maka bisa membentuk 190 tower yang tingginya bisa sampai ke bulan. Mau coba?

Dan kalian tahu apa yang lebih ironis dari persoalan ini? Sekitar 90 persen dari seluruh limbah plastik tidak akan terurai sampai setidaknya 500 tahun ke depan.

Sampah-sampah yang tidak terurai ini bukan hanya diam-diam saja selama ratusan tahun menunggu untuk terurai. Sambil menunggu proses penguraian, sampah-sampah plastik ini mencemari makanan, air, dan udara.

Tak cukup sampai di situ, setiap tahunnya produksi plastik berbagai macam bentuk terus meningkat. Hal ini tentu selaras dengan semakin meningkatnya limbah sampah yang dihasilkan setiap tahunnya pula.

Baca Juga: Plastik Lama Diurai, Makin Lama Pula Penderitaan Manusia

Jika bisnis-bisnis dan beberapa lingkungan terkait masih menggunakan plastik konvensional terus menerus, maka polusi plastik akan terus melipat ganda dalam puluhan tahun mendatang.

Anda pun mulai harus bersiap sejak saat ini. Pilih mengganti kebiasaan mengonsumsi plastik sekali pakai atau menikmati lautan yang ekosistem di dalamnya lebih banyak sampah plastik daripada ikan-ikan.

Kalau aku sih, no. Kalau kamu?


Karet Bungkus : Syauqy Ayyash
Penulis : Swara Mardika
Editor : Swara Mardika
Ilustrator: Nanda Tri Pamungkas

Loading...